Simulasi Performansi Mesin Pada Mobil Konvensional dan Plug In Hybrid Menggunakan MATLAB ADVISOR Dengan Variasi Driving Cycle

Abiyan, Muhammad Iqbal Samudera (2020) Simulasi Performansi Mesin Pada Mobil Konvensional dan Plug In Hybrid Menggunakan MATLAB ADVISOR Dengan Variasi Driving Cycle. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111340000010-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kendaraan Hybrid adalah salah satu teknologi alternatif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar fosil. Kendaraan hybrid ini menggunakan lebih dari satu sumber energi penggerak. Toyota Prius plug-in hybrid adalah salah satu kendaraan produksi Toyota yang menggunakan teknologi hybrid. Perilaku berkendara pengemudi juga mempengaruhi performa dari kendaraan ditinjau dari konsumsi bahan bakar yang digunakan. Karakteristik berkendara ditentukan dari bagaimana kondisi jalan yang akan di lalui. Kondisi jalan yang berbeda menyebabkan perbedaan perilaku mengemudi. Cara yang baik dan efisien dinamankan dengan eco-driving atau smart driving. Cara berkendara tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan daya dari kendaraan terhadap kondisi jalan atau lintasan. Penelitian ini dilakukan dengan pengujian jalan yang dilaksanakan di kota Surabaya untuk driving cycle UDDS dan FTP-75 dan pada jalan bebas hambatan Probolinggo – Kejapanan untuk driving cycle HWFET. Selanjutnya dengan cara memodelkan kendaraan konvensional (ICE) dan Plug-in hybrid Electrical Vehicle (PHEV) yang disimulasikan dengan inputan berupa driving cycle sesuai standarisasi UDDS, FTP-75 dan HWFET. Analisa yang dilakukan berupa simulasi untuk mengetahui performa kendaraan menggunakan software Matlab Advance Vehicle Simulator (ADVISOR). Simulasi dengan software Matlab ADVISOR bertujuan untuk mencari engine operating points, efisiensi mesin dan spesific fuel consumption pada mobil Toyota Prius plug-in hybrid dan Toyota Corolla Altis Grande dengan variasi driving cycle sesuai standarisasi UDDS, FTP-75 dan HWFET. Hasil penelitian ini adalah dari data engine operating points, nilai efisiensi mesin dan spesific fuel consumption dengan menggunakan driving cycle sesuai standarisasi UDDS, FTP-75 dan HWFET pada Toyota Prius plug-in hybrid dan Toyota Corola Altis Grande. Persebaran engine operating point hasil simulasi pada MATLAB ADVISOR untuk driving cycle UDDS, FTP-75 dan HWFET paling efisien terdapat pada kendaraan plug-in hybrid dengan persebaran sebagian besar berada mendekati daerah tertinggi dari efisiensi termal mesin dibandingkan dengan kendaraan konvensional yang persebaran engine operating point-nya menjauhi daerah efisien dari garis efisiensi termal mesin pada kendaraan. Rata-rata efisiensi mesin hasil simulasi pada MATLAB ADVISOR untuk driving cycle UDDS, FTP-75 dan HWFET paling efisien terdapat pada kendaraan plug-in hybrid dengan nilai sebesar 21.629%, 25.8469%, dan 28.8574%. Sedangkan pada kendaraan konvensional bernilai lebih rendah yakni 14.3021%, 21.869% dan 26.5546% untuk driving cycle UDDS, FTP-75 dan HWFET. Rata-rata specific fuel consumption untuk driving cycle UDDS, FTP-75 dan HWFET paling rendah terdapat pada kendaraan plug-in hybrid dengan nilai sebesar 0.484077466 g/watt.H , 0.667619 g/watt.H, dan 0.648143981 g/watt.H. Sedangkan pada kendaraan konvensional bernilai lebih tinggi 3.616623393 g/watt.H, 2.769132819 g/watt.H, dan 2.919021614 g/watt.H untuk driving cycle UDDS, FTP-75 dan HWFET.
=================================================================================================================================
Hybrid vehicles are one of the alternative technologies to reduce fossil fuel consumption. This hybrid vehicle uses more than one energy source. The Toyota Prius plug-in hybrid was the latest contender of Toyota vehicles that use hybrid technology. Drive behavior affects the performance of the vehicle being reviewed by the fuel consumption used. The driving characteristics are determined by how the road condition will go through. Different road conditions lead to differences in driving behavior. A good and efficient way of dynamic with eco-driving or smart driving. The driving is aimed at optimizing the power use of vehicles against road or trajectory conditions. This research was conducted with the testing of roads conducted in the city of Surabaya for driving cycles UDDS and FTP-75 and on the freeway of Probolinggo – the board for HWFET driving cycles. Furthermore, by the model of conventional vehicles (ICE) and Plug-in hybrid Electrical Vehicle (PHEV) simulated with input in the form of a driving cycle according to standardization UDDS, FTP-75, and HWFET. Analysis conducted in the form of simulation to emend the performance of vehicles using Matlab Advanced Vehicle Simulator (ADVISOR) software. Simulation with software Matlab ADVISOR aims to find engine operating points, engine efficiency and specific fuel consumption in the car Toyota Prius Plug-in Hybrid and Toyota Corolla Altis Grande with variation driving cycle according to standardization UdUDDSds, FTP-75, and HWFET. The results of this research are gathered from data engine operating points, engine efficiency value and specific fuel consumption using a driving cycle according to standardization UDDS, FTP-75, and HWFET on the Toyota Prius Plug-in Hybrid and Toyota Corolla Altis Grande. The range of simulated operating point engines in MATLAB ADVISOR for UDDS, FTP-75 and HWFET driving cycles are most efficient in hybrid plug-in vehicles with a spread of mostly approaching the highest area of thermal efficiency of the engine compared to conventional vehicles whose engine-range operating point is away from the efficient area of the thermal efficiency line of the engine on the vehicle. The average efficiency of simulated machines in MATLAB ADVISOR for UDDS, FTP-75 and HWFET driving cycles are the most efficient in hybrid plug-in vehicles with values of 21,629%, 25.8469%, and 28.8574%. In conventional vehicles, the lower value is 14.3021%, 21,869% and 26.5546% for the UDDS, FTP-75, and HWFET driving cycles. The average specific fuel consumption for the UDDS, FTP-75, and HWFET driving cycles is at the lowest plug-in hybrid vehicle with a value of 0.484077466 g/watt. H, 0.667619 g/watt. H, and 0.648143981 g/watt. H. Whereas in conventional vehicles is worth higher 3.616623393 g/watt. H, 2.769132819 g/watt. H, and 2.919021614 g/watt. H for driving cycles UDDS, FTP-75 and HWFET.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSM 621.43 Abi s-1 2020
Uncontrolled Keywords: Driving Cycle, Toyota Prius plug-in hybrid, Hybrid Seri-Parallel, Engine operating points, Engine Efficiency, Spesific Fuel Consumption.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Iqbal Samudera Abiyan
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:36
Last Modified: 22 Apr 2024 02:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73387

Actions (login required)

View Item View Item