Fatikasari, Aulia Dewi (2020) Perencanaan Perkerasan Jalan untuk Menangani Kerusakan Jalan Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111640000042-Undergraduate_Thesis.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Saat ini banyak terjadi kerusakan perkerasan jalan salah satunya di daerah Kabupaten Sidoarjo, khususnya pada Jalan Raya Cangkring. Kondisi eksisting Jalan Raya Cangkring saat ini terlihat mengalami beberapa kerusakan perkerasan jalan. Kerusakan tersebut berupa jalan bergelombang, lapisan aspal sudah banyak yang hilang, dan jalan berlubang bahkan di tempat tertentu nampak lubang selebar 1-2 meter. Pada saat musim hujan terlihat adanya beberapa genangan air yang cukup dalam pada Jalan Raya Cangkring. Kondisi ini menyebabkan terganggunya distribusi jalan dari arah Porong ke arah Sidoarjo maupun arah sebaliknya. Selain itu, Kondisi tersebut berdampak pada lalu lintas jalan karena saat melewati Jalan Raya Cangkring harus bergantian. Hal ini pun juga menyebabkan kecelakaan pada ruas jalan tersebut terutama pengendara motor yang sering terjatuh, bahkan kendaraan besar seperti truk juga rawan terguling. Salah satu penyebab kerusakan jalan pada daerah Sidoarjo adalah karena kerap dilewati kendaraan angkutan barang melebihi beban standar yang diijinkan. Kerusakan semakin parah pada musim hujan karena saluran drainase tidak dapat berfungsi sehingga menyebabkan jalan tergenang air. Air hujan tersebut akan tetap berada di dalam perkerasan jalan sehingga jalan akan menjadi rapuh. Berdasarkan hal tersebut, kerusakan perkerasan jalan di Jalan Raya Cangkring, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo ini perlu diperbaiki. Untuk menangani kerusakan jalan digunakan dua jenis data, yaitu data primer berupa data lalu lintas dan data kerusakan jalan dan data sekunder berupa data jumlah penduduk, data produk domestik regional bruto (PDRB), data produk domestik regional bruto per kapita (PDRB per kapita), dan data harga satuan pokok kegiatan (HSPK). Data-data tersebut diolah kemudian dilakukan analisis. Pertama dalam merencanakan tebal perkerasan perlu dilakukan peninjauan kerusakan jalan secara visual dan riding quality untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan yang terjadi, kemudian perlu diketahui bagaimana karakteristik lalu lintas pada saat ini dan dilakukan analisis pada saat umur rencana. Lalu, dilakukan perencanaan tebal struktur perkerasan jalan. Setelah merencanakan tebal struktur, dilakukan pula analisis biaya. Terakhir, dipilih jenis perkerasan jalan yang paling sesuai ditinjau dari segi biaya yang paling murah selama umur rencana. Dari hasil analisis didapatkan tebal perkerasan kaku sebagai kontruksi perkerasan jalan yang akan digunakan untuk menangani kerusakan Jalan Raya Cangkrig selama umur rencana 40 tahun dengan tebal pelat beton 29,5 cm, lapis pondasi LMC 10 cm, dan lapis drainase 15 cm. Biaya konstruksi dan biaya pemeliharaan total sebesar Rp 14.769.454.149/ km dengan umur rencana 40 tahun.
Kata kunci: Nilai kerusakan jalan, karakteristik lalu lintas, perkerasan lentur, perkerasan kaku, dan analisis biaya.
==============================================================================================================================
Currently there is a lot of damage to one of the pavement roads in the Sidoarjo Regency, especially on Jalan Cangkring. The existing condition of Cangkring Highway is currently seen experiencing some road pavement damage. The damage included in the form of bumpy roads, layers of asphalt that have been lost, and even some potholes found in certain places appear to be 1-2 meters in depth. During the rainy season there are some fairly deep puddles on the Cangkring Highway. This situation can interupt the distribution from Porong to Sidoarjo or otherwise. In addition, this condition affects the traffic because when vehicles pass the Cangkring Highway, they must take turns in passing through it. This also causes accidents on these roads, especially motorists who often fall, as well as large vehicles such as trucks which are also prone to overturning. One of the causes of road damage in Sidoarjo area is because the road is often passed by goods transport vehicles that exceed the allowable standard load. Damage is getting worse in the rainy season due to the drainage channel not being able to function, causing the road to be flooded. The rainwater would still remain in the pavement and this may cause the road to become fragile. Based on the statements said above, the pavement damage on Jalan Raya Cangkring, Krembung District, Sidoarjo Regency needs to be repaired. In order to recover the road, there are two types of primary data are used. The data is divided into the form of traffic data and road damage data, then the secondary data in the form of population data, gross regional domestic product (GRDP) data, per capita gross regional domestic product data (GRDP per capita), and data unit cost of activity (HSPK). The data is processed and analyzed. First, a visual inspection of riding damage and riding quality is carried out to know its the damage level. Then, a review of traffic characteristics is managed and analyzed at the planned life state. After that the thickness of pavement structure and the cost analysis are then planned. Finally, the most suitable type of pavement is chosen in terms of the least cost spent for the life span of the plan. In conclusion, the matter of thickness of the rigid pavement was obtained as a repair of damage to the Cangkrig Highway. According to the plan life of 40 years, it is derived the value of concrete plate thickness is 29.5 cm, LMC 10 cm of foundation layer, and 15 cm of drainage layer. Construction and maintenance costs are Rp 14.769.454.149 / km for 40 years.
Keywords: road damage value, traffic characteristics, flexible pavement, rigid pavement, cost analysis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis biaya, karakteristik lalu lintas, nilai kerusakan jalan, perkerasan lentur, dan perkerasan kaku. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Aulia Dewi Fatikasari |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 06:34 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73437 |
Actions (login required)
View Item |