Analisa Teknis Pengangkatan Kapal Menggunakan Metode Lifting dan Airbags

Saputro, Maulana Eko (2020) Analisa Teknis Pengangkatan Kapal Menggunakan Metode Lifting dan Airbags. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211746000019_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211746000019_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Jenis kecelakaan kapal yang paling umum terjadi ialah kapal tenggelam, dimana kecelakaan kapal tenggelam disebabkan oleh kehilangan buoyancy dari kapal tersebut, yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam. Kapal tenggelam membutuhkan tindakan penyelamatan, baik untuk menyelamatkan kapal ataupun pembersihan alur pelayaran untuk mengurangi bahaya navigasi . Adapun pekerjaan yang dilakukan dalam upaya penyelamatan tenggelam yakni ialah salvage kapal. Dalam penelitian ini akan menganalisa secara teknis salvage kapal secara utuh tanpa harus di scraping atau dipotong-potong. Metode salvage yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode salvage lifting (floating crane) dan airbags pada objek kapal 5851 DWT dengan menganalisa jumlah kebutuhan serta lama waktu pengisian udara bertekanan pada tiap variasi airbags yaitu 56,52 m3, 50,24 m3, 43,96 m3 , dan 37,68 m3 serta merencanakan , memilih dan menganalisa alat pendukung lainya dengan merencanakan pada 4 kondisi pengapungan kapal yaitu perencanaan pengapungan sampai garis sarat penuh kapal dengan floating crane dan tidak mengunakan floating crane , perencanaan pengapungan kapal sampai main deck (superstructure berada dipermukaan air) dengan floating crane dan tidak menggunakan floating crane. Sehingga dari penelitian ini akan didapatkan hasil pemilihan airbags yang paling efesien dari segi jumlah serta waktu pengisian udara untuk airbags dan mendapatkan pemilihan dari alat pendukung lainya yaitu kompresor, lifting lug , wire rope , wire clips dan konstruksi kerangka baja. Dari hasil penelitian ini didapatkan pemilihan airbag yang efesien dari segi waktu dan jumlah ialah variasi airbag 1 dengan dimensi airbag 18 x 2 meter pada kondisi perencanaan pengapungan kapal sampai main deck dengan menggunakan floating crane, untuk jumlah airbags yang dibutuhkan sebanyak 23 unit dengan lama waktu pengisian udara bertekanan pada airbags selama 3,8 jam sedangkan untuk peralatan pendukung lainya yang sesuai dengan variasi airbag 1 ialah Lifting lug ketebalan 19mm dengan nilai tensile strength maksimum 686,03 Mpa , wire rope berdiameter 14mm dengan nilai MBF 207 KN, wire clip berdiameter 28-30 mm dan untuk suplai udara menggunakan kompresor jenis reciprocating two stage dengan kapasitas 169,56 m3/h , tekanan 5,86 bar dan daya 12,7 KW.
=================================================================================================================================
The most common type of ship accident is a sinking ship, where the sinking ship accident was caused by losing the buoyancy of the ship, which resulted in the sinking ship. A sinking ship requires rescue action, both to save the ship or clear the shipping lane to reduce the danger of navigation. The work carried out in the rescue effort to sinking ships is called ship salvage. In this research will analyze technically the salvage of the ship as a whole without having to be in scraping or cut into pieces. The Methods of salvage is used in this research is by using the method of salvage lifting (floating crane) and airbags on the object ship 5851 DWT to analyze the needs as well as long time charging the air pressure in each variation of the airbags that 56,52 m3, 50,24 m3, 43,96 m3 , and 37,68 m3 as well as planning, selecting and analyzing other supporting tools by planning on 4 ships floatation conditions, namely planning to float fully loaded with floating cranes and not using floating cranes, ship float planning to playing decks with floating cranes and Do not use floating cranes. So that this research will get the results of the selection of the most efficient airbags in terms of the amount and time of air filling for airbags and get the choice of other supporting tools such as compressors, lifting lugs, wire ropes, wire clips and steel frame construction. From the results of the research, the selection of efficient airbags in terms of time and number, namely variations of airbags 1 dimension airbags 18 x 2 meter in the conditions of the float planning to the maindeck by using floating cranes, the number of airbags needed is 23 units with pressurized air filling time for the airbag during 3.8 hours while for other supporting equipment that is in accordance with airbag 1 variation is Lifting lug used thickness 19mm with a maximum tensile strength value of 686,03 Mpa, 14mm diameter wire rope with MBF value of 207 KN , 28-30mm diameter wire clip and for air supply using reciprocating two-stage compressors with a capacity of 169.56 m3 / h, pressure of 5.86 bar and power of 12.7 KW.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 623.881 Sap a-1 2020
Uncontrolled Keywords: Airbag , kapal tenggelam, Lifting dan Marine salvage
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Maulana Eko Saputro
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:25
Last Modified: 26 Apr 2024 07:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73484

Actions (login required)

View Item View Item