Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kepribadian Calon Konsumen Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Listrik: Kasus di Indonesia

Pratiwi, Ade Ana (2020) Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kepribadian Calon Konsumen Terhadap Niat Membeli Sepeda Motor Listrik: Kasus di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111640000010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
09111640000010-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang banyak digunakan di Asia Tenggara. Salah satunya di negara Indonesia. Penggunaan sepeda motor merupakan salah satu penyumbang gas emisi buang yang dapat mencemari lingkungan. Munculnya sepeda motor listrik sebagai produk inovasi menjadi salah satu cara dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Pada penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik calon pelanggan, menganalisis persepsi manfaat dan kepribadian calon konsumen dalam memiliki niat pembelian terhadap sepeda motor listrik. Selain itu juga untuk mengetahui atribut yang mempengaruhi calon konsumen dalam mengadopsi sepeda motor listrik. Untuk mencapai tujuan penelitian, maka teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, PLS-SEM, dan Multriatribut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online yang disebarkan kepada 300 sampel yang tersebar di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Penelitian ini menemukan adanya pengaruh signifikan positif antara perceived monetary benefit, perceived symbol dan personal innovativeness yang dapat mempengaruhi niat membeli sepeda motor listrik. Selain itu terdapat temuan yang menunjukkan bahwa atribut yang memiliki kepentingan paling tinggi adalah keamanan dan waktu pengisian baterai. Terdapat implikasi manajerial yang dapat diaplikasikan oleh pemasar produk sepeda motor listrik dengan memperhatikan karakteristik konsumen, diantaranya adalah menyelenggarakan acara yang bertujuan untuk memberikan informasi pengetahuan produk kepada para calon konsumen.

Kata Kunci: Multiatribut, Niat Membeli, Persepsi, Kepribadian, PLS-SEM, Sepeda Motor Listrik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.834 3 Pra p-1
Uncontrolled Keywords: Multiatribut, Niat Membeli, Persepsi, Kepribadian, PLS-SEM, Sepeda Motor Listrik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pratiwi Ade Ana
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:55
Last Modified: 26 Mar 2024 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73585

Actions (login required)

View Item View Item