Juliano, Rae Rizqy (2020) Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode Fault Tree Analysis Pada Proyek Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
03111440000130-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Risiko kecelakaan kerja merupakan kemungkinan atau ketidakpastian terjadinya peristiwa di luar yang diharapkan dalam setiap kegiatan manusia yang dapat menimbulkan dampak negatif. Risiko kecelakaan kerja konstruksi umumnya merupakan hasil akhir dari suatu penyalahgunaan aturan dan kondisi kerja yang tidak aman. Kecelakaan tidak terjadi secara kebetulan melainkan disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling utama adalah peralatan teknis, metode kerja, lingkungan kerja, dan pekerja itu sendiri. Tugas Akhir ini melakukan analisis risiko kecelakaan kerja pada Proyek Jalan Tol Cikampek Jilid II Elevated berupa jalan layang sepanjang 36.4 KM. Dalam penelitian ini tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi identifikasi, analisis risiko, dan respon risiko. Identifikasi dilakukan untuk mencari faktor-faktor risiko yang relevan pada proyek ini. Tahapan yang dilakukan dengan melakukan studi literatur tentang risiko pada proyek pembangunan jalan tol, yang kemudian divalidasi dengan survey pendahuluan dengan metode wawancara. Responden pada penelitian ini terdiri dari Project Manager, Site Engineer Manager, Site Operational Manager, Quality Manager, Quality Surveyor, Site Health Safety Environment
Data eksisting yang diperoleh untuk mengetahui risiko kecelakaan kerja yang paling besar dimulai dengan penilaian risiko yaitu perhitungan probability dan impact menggunakan matriks berdasarkan Risk Management Standard AS/NZ 4360:2004. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber penyebab terjadinya kecelakaan kerja yaitu metode Fault Tree Analysis.
Hasil analisis Tugas Akhir ini diketahui bahwa terdapat 54 variabel risiko pada proyek tersebut dan terdapat 3 risiko yang masuk ke dalam kategori high. Variabel risiko tertinggi yaitu pekerja terjatuh dari ketinggian, material terjatuh saat pekerjaan pembesian, dan material terjatuh pada pekerjaan pierhead yang berpotensi terjadi di proyek Tol Jakarta – Cikampek Elevated II. Penyebab kecelakaan dibagi menjadi 4 faktor yaitu manusia (man), metode (method), alat/material (machine) dan lingkungan (mother of nature). Penyebab dasar kecelakaan kerja adalah diantanya Pekerja kurang terampil, kelelahan, kurang disiplin, kurang pengawasan dari pihak K3, pekerjaan berada di ketinggian, ruang pekerjaan terbatas perubahan cuaca yang mendadak dan lainnya. Oleh karena itu, penanganan dan pencegahan dilakukan dengan meningkatkan mutu pekerja, meningkatkan mutu alat pelindung diri, meningkatkan intensitas pengecekan alat dan melakukan pengecekan terhadap cuaca dan menambah rambu-rambu keselamatan kerja.
=================================================================================================================================
Risk is the possibility or uncertainty of an event occurring outside of the expected nature of human activities that can have a negative impact. Work Accident Risk in construction is the end result of misuse of rules and unsafe working conditions. Accidents cause by there several factors. The most likely factors are technical equipment, work methods, work environment, and the workers themselves. This Final Project carried out work accident risk analysis on Cikampek Volume II Elevated Toll Road Project, a 36.4 KM elevated road. In this study the stages carried out include identification, risk analysis, and risk response. Identification is carried out to look for relevant risk factors in this project by conducting a literature study of work accident risks in toll road construction project which is then validated by a preliminary survey using the interview method. Respondents in this study consisted of Project Manager, Site Engineer Manager, Site Operational Manager, Quality Manager, Quality Surveyor, Site Health Safety Environment
Existing data obtained to find out the greatest risk of work accidents begins with a risk assessment that is the calculation of probability and impact using a matrix based on Risk Management Standard AS / NZ 4360: 2004. The method used to identify the source of the causes of work accidents is the Fault Tree Analysis method.
There are 54 risk variables in the project as the results of this Final Project. There are 3 risks that are categorized as high risk, namely workers falling from height, material falling during construction work and material falling on pierhead work that has the potential to occur in the Toll project Jakarta - Cikampek Elevated II. The accident causal factors are divided into 4 categories namely man, method, machine / material, and mother nature. The basic causes of work accidents are less skilled workers, fatigue, lack of discipline, lack of supervision from the Safety Officer, work at height, limited work space, sudden weather changes and others. Therefore, handling and prevention is done by improving the quality of workers, improving the quality of personal protective equipment, increasing the intensity of checking equipment and checking the weather and adding safety signs.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | 3100020084457 RSS 625.7 Jul a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Risiko, Kecelakaan Kerja, Fault Tree Analysis, Tol Jakarta Cikampek II Elevated. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169.5 Failure analysis |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rae Rizqy Juliano |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:09 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:09 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73854 |
Actions (login required)
View Item |