Limansyah, Faurizal (2020) Analisis Kebutuhan Pengunjung di Mall XYZ dengan Text Mining Analysis. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211750024003_Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mall merupakan pusat pembelanjaan yang terdiri dari tenant utama (anchor), retail, toko, layanan, dan fasilitas umum yang dibangun, dikelola, serta disusun oleh pengelola dengan tujuan terselenggaranya interaksi antara pengunjung dan penjual. Pada Tahun 2018 Kota Surabaya memiliki 33 mall atau sebesar 50,77% dari jumlah mall di Jawa Timur, hal ini memperlihatkan bahwa populasi mall di Kota Surabaya sangat tinggi. Mall XYZ merupakan salah satu mall yang berdiri di Kota Surabaya dan telah beroperasional selama satu tahun. Mall ini masih belum memperlihatkan perkembangan yang belum optimal karena banyaknya komplain dari tenant terhadap building management terkait dengan penjualan produk yang tidak mencapai target, akibatnya tenant sering melanggar peraturan (house rules) yang telah ditetapkan pengelola hingga memutuskan kontrak kerjasama antara building management dengan tenant secara sepihak. Untuk mengetahui penyebab dari kondisi tersebut, digunakan metode text mining untuk menyaring review dari pengunjung laman google Mall XYZ. Review yang ada akan diklasifikasi berdasarkan review yang mengandung sentimen positif dan negatif. Data yang digunakan adalah data review yang diambil selama 266 hari dengan jumlah data 479 review. Review dengan sentimen positif menjadi suatu apresiasi yang harus di pertahankan dan ditingkatkan sedangkan review yang mengandung sentiment negatif menjadi suatu keluhan yang harus dibenahi oleh building management selaku pengelola mall. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa Mall XYZ dinilai kurang memperkuart brand positioning serta melakukan strategi pemasaran yang tidak sesuai target pasar. kondisi mall yang sepi akan pengunjung, banyak tenant yang tutup serta kurang bervariasinya jenis tenant yang ada, selain itu kebutuhan akan parkir, akses jalan, serta insfrastruktur yang baik juga menjadi sesuatu yang perlu dibenahi.
==========================================================================================================================
The mall is a shopping center consisting of the main tenants (anchors), retail, shops, services, and public facilities that are built, managed, and arranged by the manager with the aim of holding them between visitors and sellers. In 2018 Surabaya City has 33 malls or 50.77% of the total malls in East Java, this means that the number of malls in Surabaya is very high. Mall XYZ is one of the malls that stood in the city of Surabaya and has been operating for one year. This mall still does not support the development that is not optimal because of the number of complaints from tenants to management buildings related to product sales that do not reach the target, including the use of regulations, house regulations. To find out the cause of the condition, use the text mining method to filter reviews from visitors to the Mall XYZ google page. Existing reviews will be classified based on reviews that contain positive and negative sentiment. The data used are review data taken during 266 days with a total data of 479 reviews. Reviews with positive sentiments become an insurance that must be maintained and supplemented with reviews containing negative sentiments that must be addressed by the building manager as the mall manager. From the results of the analysis that has been done, it was obtained that Mall XYZ did not trust brand positioning and carried out marketing strategies that were not in accordance with the target market. The condition of the mall is deserted by visitors, many tenants are closed and there is no variation in the types of tenants available, in addition to the need for parking, access roads, and good infrastructure is also something that needs to be addressed.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTMT 658.403 801 1 Lim a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Kebutuhan, Mall, Kebutuhan, Pengunjung, Text Mining=======================Needs, Mall, Visitors, Text Mining |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Technology Management > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Faurizal Limansyah |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:10 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:10 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73982 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |