Perancangan Alternatif Geometri Jalan Rel Untuk Reaktivasi Jalur Kereta Api Yogyakarta–Bantul

Anakindsi, Arlagant (2020) Perancangan Alternatif Geometri Jalan Rel Untuk Reaktivasi Jalur Kereta Api Yogyakarta–Bantul. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000109-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111540000109-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. D.I.Yogyakarta merupakan salah satu ikon budaya sekaligus parawisata di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang pesat di Yogyakarta mengakibatkan urbanisasi yang tinggi sehingga secara tidak langsung berpengaruh terhadap kebutuhan pergerakan penduduk yang semakin meningkat, baik penduduk dari dalam Kota Yogyakarta maupun dari sekitar Kota Yogyakarta. Begitupun Bantul menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menikmati keunikan budaya dan keindahan alamnya, serta dibutuhkannya sarana transportasi massal untuk menunjang kemudahan menuju lokasi tersebut dengan mudah. Maka Pemerintah merencanakan untuk mengaktifkan kembali jalur kereta yang sudah tidak aktif. Yogyakarta dengan keistimewaan daerahnya memiliki tingkat tarikan perjalanan yang cukup tinggi baik untuk tujuan pergerakan wisata, pendidikan maupun perdagangan. Hal ini mengakibatkan tingginya mobilitas masyarakat di Kota Yogyakarta baik mobilitas dari masyarakat dari dalam Kota Yogyakarta maupun kota-kota sekitarnya yang menghambat perkembangan sektor kereta api yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai moda transportasi massal.
Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder, menentukan alternative trase dan dipilih beberapa alternatif trase yang terbaik dengan menggunakann Multi Criteria Analysis (MCA) ditinjau dari kondisi eksisting yang sudah ada, merancang geometrik dari trase yang tepilih dan merencanakan kontruksi jalan rel yang berpedoman pada TCRP Report 155 dan Peraturan Menteri No.60 tahun 2012 serta sumber terkait lainnya.
Hasil dari tugas akhir ini adalah rencana trase Yogyakarta – Bantul menggunakan trase eksisting yang didapat berdasarkan parameter yang telah ditentukan. Jalur kereta api didesain menggunakan jenis rel R115E dengan lebar sepur 1435 mm, kecepatan kereta 40km/jam, jenis penambat pandrol elastik ganda, panjang trase yang dirancang adalah sepanjang 15 km menggunakan bantalan beton dengan jarak 60 cm.
==================================================================================================================================
Yogyakarta is the capital and center of the Special Region of Yogyakarta government which is classified as one of the largest cities in Indonesia. D. I. Yogyakarta also acts as Indonesia’s cultural and tourism icon. Rapid economic growth in Yogyakarta has resulted an increase in urbanization, indirectly affecting population that commute around Yogyakarta. On the other hand, Bantul, a city near Yogyakarta, is a destination for tourists to enjoy its cultural uniqueness and natural beauty. To support the tourism industry, efficient mass transportation facility is needed. The government has planned to reactivate the inactive railroad. Yogyakarta has numerous travel attraction purposes, such as tourism, education and trades. This affected high mobility level in Yogyakarta and its suburbs, inhibiting the development of train sector which instead could be utilized as a dependable mass transportation mode. The method used to solve this problem is by collecting primary and secondary data, finding alternative alignments and determining best alternative alignments based on existing condition, designing the geometry of selected track and planning the construction of the railroad. This final project will results illustrations for railroad profile plans, alignment calculation and the shape of the 1435mm railroad structure. The result of this final project is the Yogyakarta - Bantul alignment plan using the existing trace obtained based on predetermined parameters. The railroad was designed using the R115E rail type with a rail width of 1435 mm, a train speed of 40km / h, a double elastic fastening type, the length of the designed trace was 15 km long using concrete bearings with a distance of 60 cm.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 3100020084482 RSS 625.1 Ana p-1
Uncontrolled Keywords: Yogyakarta, Bantul; Reaktivasi Jalan Rel; Penentuan alternatif trase; geometrik jalan rel; konstruksi jalan rel
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF4 Railroads--Automation.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Arlagant Anakindsi
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:01
Last Modified: 23 Dec 2022 02:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74098

Actions (login required)

View Item View Item