Analisis Indikator Penentuan Keputusan Scrapping Kapal

Saputra, Bowo Kerta (2020) Analisis Indikator Penentuan Keputusan Scrapping Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 0441154000053_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
0441154000053_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar pelayaran di Indonesia masih mengoperasikan kapal- kapal yang
sudah melewati batas usia ekonomisnya, yaitu berkisar antara 20 – 30 tahun. Kapal
dengan usia yang sudah tua ini cenderung memiliki teknologi yang jauh tertinggal dari
teknologi masa kini. Ketertinggalan teknologi ini menyebabkan rendahnya performa
kapal-kapal tua jika dibandingkan dengan kapal baru. Perkembangan teknologi kapal
terkini cenderung menitikberatkan pada efisiensi biaya kapal, sehingga kapal-kapal yang
sudah berusia tua akan tertinggal dalam masalah efisiensi biaya. Selain itu kapal yang
sudah termakan usia cenderung membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi untuk
mempertahankan performa kapal yang sudah menurun. Metode perhitungan biaya
transportasi dan analisis sensitivitas digunakan pada penilitian ini untuk menentukan
variabel yang paling dominan terhadap perubahan umur kapal. 2. Faktor yang paling
berpengaruh terhadap scrapping kapal diantaranya ada 3 variabel dominan, yaitu load
factor dengan nilai r-square = 0,9698 pada kapal A dan r-square = 0,8989 pada kapal B.
Kecepatan berlayar dengan nilai r-square = 0,9453 pada kapal A dan r-square = 0,7812
pada kapal B. Konsumsi bahan bakar dengan nilai r-square = 0,986 pada kapal A dan r-
square = 0,7758 pada kapal B. 3. Indikator keputusan scrapping pada kapal A pada
kondisi 3, rute Surabaya – Makassar, kapal A dilakukan scrap pada umur 20 tahun.
Sedangkan untuk kapal B dengan kondisi 3, rute Surabaya – Makassar, dilakukan scrap
pada umur 42 tahun. Variabel indikator yang memiliki persentase perubahan terbesar
adalah load factor sebesar 16,77% untuk kapal A dan 2,2% untuk kapal B. Persentase
tersebut menunjukkan bahwa setiap perubahan sebesar 10% pada load factor, maka akan
mempengaruhi umur kapal sebesar 16,77% tuntuk kapal A dan 2,2% untuk kapal B.
Kata Kunci: Kapal, Umur, Scrapping
==========================================================
Most of the shipping in Indonesia still operates ships that have passed the
economic age limit, which ranges from 20-30 years. Ships with old age tend to have
technology far behind today's technology. This technological lag causes the low
performance of old ships compared to new ships. The development of the latest ship
technology tends to focus on cost efficiency of ships, so ships that are old will be left
behind in the issue of cost efficiency. In addition, ships that have been consumed with
age tend to require higher maintenance costs to maintain the performance of ships that
have declined. The method of calculating transportation costs and sensitivity analysis is
used in this research to determine the most dominant variable on changes in ship age. 2.
The most influential factors on ship scrapping include 3 dominant variables, namely load
factor with r-square value = 0.9698 on ship A and r-square = 0.8989 on ship B. Sailing
speed with r-square value = 0.9453 on ship A and r-square = 0.7812 on ship B. Fuel
consumption with r-square value = 0.986 on ship A and r-square = 0.7758 on ship B. 3.
Indicators of scrapping decision on ships. A on condition 3, route Surabaya - Makassar,
ship A is scraped at the age of 20 years. As for ship B with condition 3, the route Surabaya
- Makassar, scrap is done at the age of 42 years. Indicator variables that have the largest
percentage change are the load factor of 16.77% for ship A and 2.2% for ship B. The
percentage shows that every change of 10% on the load factor, it will affect the age of
the ship by 16.77% ship A and 2.2% for ship B.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 658.202 Sap a-1
Uncontrolled Keywords: Kapal, Umur, Scrapping
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bowo Kerta Saputra
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:25
Last Modified: 12 Dec 2022 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74112

Actions (login required)

View Item View Item