Analisis Indikator Penentuan Keputusan Scrapping Kapal

Saputra, Bowo Kerta (2020) Analisis Indikator Penentuan Keputusan Scrapping Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 0441154000053_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
0441154000053_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar pelayaran di Indonesia masih mengoperasikan kapal- kapal yang sudah melewati batas usia ekonomisnya, yaitu berkisar antara 20 – 30 tahun. Kapal dengan usia yang sudah tua ini cenderung memiliki teknologi yang jauh tertinggal dari teknologi masa kini. Ketertinggalan teknologi ini menyebabkan rendahnya performa kapal-kapal tua jika dibandingkan dengan kapal baru. Perkembangan teknologi kapal terkini cenderung menitikberatkan pada efisiensi biaya kapal, sehingga kapal-kapal yang sudah berusia tua akan tertinggal dalam masalah efisiensi biaya. Selain itu kapal yang sudah termakan usia cenderung membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi untuk mempertahankan performa kapal yang sudah menurun. Metode perhitungan biaya transportasi dan analisis sensitivitas digunakan pada penilitian ini untuk menentukan variabel yang paling dominan terhadap perubahan umur kapal. 2. Faktor yang paling berpengaruh terhadap scrapping kapal diantaranya ada 3 variabel dominan, yaitu load factor dengan nilai r-square = 0,9698 pada kapal A dan r-square = 0,8989 pada kapal B. Kecepatan berlayar dengan nilai r-square = 0,9453 pada kapal A dan r-square = 0,7812 pada kapal B. Konsumsi bahan bakar dengan nilai r-square = 0,986 pada kapal A dan r- square = 0,7758 pada kapal B. 3. Indikator keputusan scrapping pada kapal A pada kondisi 3, rute Surabaya – Makassar, kapal A dilakukan scrap pada umur 20 tahun.
Sedangkan untuk kapal B dengan kondisi 3, rute Surabaya – Makassar, dilakukan scrap pada umur 42 tahun. Variabel indikator yang memiliki persentase perubahan terbesar adalah load factor sebesar 16,77% untuk kapal A dan 2,2% untuk kapal B. Persentase tersebut menunjukkan bahwa setiap perubahan sebesar 10% pada load factor, maka akan mempengaruhi umur kapal sebesar 16,77% tuntuk kapal A dan 2,2% untuk kapal B. Kata Kunci: Kapal, Umur, Scrapping
======================================================================================================================================
Most of the shipping in Indonesia still operates ships that have passed the economic age limit, which ranges from 20-30 years. Ships with old age tend to have technology far behind today's technology. This technological lag causes the low
performance of old ships compared to new ships. The development of the latest ship technology tends to focus on cost efficiency of ships, so ships that are old will be left behind in the issue of cost efficiency. In addition, ships that have been consumed with age tend to require higher maintenance costs to maintain the performance of ships that have declined. The method of calculating transportation costs and sensitivity analysis is used in this research to determine the most dominant variable on changes in ship age. 2. The most influential factors on ship scrapping include 3 dominant variables, namely load factor with r-square value = 0.9698 on ship A and r-square = 0.8989 on ship B. Sailing
speed with r-square value = 0.9453 on ship A and r-square = 0.7812 on ship B. Fuel consumption with r-square value = 0.986 on ship A and r-square = 0.7758 on ship B. 3. Indicators of scrapping decision on ships. A on condition 3, route Surabaya - Makassar, ship A is scraped at the age of 20 years. As for ship B with condition 3, the route Surabaya - Makassar, scrap is done at the age of 42 years. Indicator variables that have the largest percentage change are the load factor of 16.77% for ship A and 2.2% for ship B. The percentage shows that every change of 10% on the load factor, it will affect the age of the ship by 16.77% ship A and 2.2% for ship B.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSTrL 658.202 Sap a-1
Uncontrolled Keywords: Kapal, Umur, Scrapping
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bowo Kerta Saputra
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:25
Last Modified: 21 Mar 2025 01:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74112

Actions (login required)

View Item View Item