Analisis Pengaruh Ketebalan Dan Material Pemegang Stator Terhadap Performa Motor Listrik Dengan Topologi Motor Yasa BLDC

Ayuning fitri, Desanti (2020) Analisis Pengaruh Ketebalan Dan Material Pemegang Stator Terhadap Performa Motor Listrik Dengan Topologi Motor Yasa BLDC. Masters thesis, Institut teknologi sepuluh nopember.

[thumbnail of 07111750012005-master_tesis.pdf]
Preview
Text
07111750012005-master_tesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Motor listrik axial dengan topologi Yokeless Axial and Segmented Armature (YASA) BrushLess Direct Current (BLDC) dengan bentuk susunan satu stator dan dua rotor atau sendwich memiliki banyak keunggulan. Kerapatan daya, torsi yang tinggi dengan bentuk yang sederhana sangat dapat diaplikasikan untuk penggerak kendaraan listrik yang belum populer namun sangat potensial di era mendatang. Secara mekanikal, struktur inti besi yang menggunakan Soft Magnetic Composite (SMC) sebagai bahan pembuat untuk stator tersebut tidak dapat berdiri sendiri. Struktur stator dengan belitan di dalamnya yang memiliki rongga perlu menggunakan pemegang yang tetap yang tidak mudah terdeformasi. Pemegang stator yang digunakan selain harus kuat secara mekanikal juga harus dapat berfungsi baik dari sisi elektrik dengan tidak mempengaruhi performa dari motor. Penggunaan material Poly Ether Ether Ketone (PEEK) yang biasa digunakan dalam motor topologi YASA BLDC ini memiliki harga yang tinggi dan bahan yang susah didapatkan serta fabrikasi yang sulit menjadi salah satu permasalahan yang harus dicarikan solusi. Pada penelitian ini akan dilakukan Analisis pengaruh performa motor BLDC YASA dari material pemegang stator untuk mengetahui pilihan pemegang stator selain adhesif. Pilihan material yang diuji akan menghasilkan data hysterisis yang dapat digunakan sebagai masukan dari analisis material menggunakan Finite Element Magnetic Method (FEMM) untuk mengetahui persebaran fluks magnetisasi dan menggunakan Ansys Maxwell untuk mengetahui performa motor. Hasil akhir dari penelitian ini diperoleh data yang menyatakan bahwa serat karbon adalah koponen pembentuk pemegang stator yang kuat secara material dan tahan terhadap suhu kerja motor listrik dengan topologi YASA dan memiliki efek elektromagnetik yang baik, Sehingga memiliki nefek performa yang baik dengan effisiensi 97%.
===================================================================================================================
Electric motor with Yokeless Axial and Segmented Armature (YASA) BrushLess Direct Current (BLDC) topology consist of two rotors and inner stator comprised of many independent segment hava many adventages. Power density, high torque with simple shape could apply in any electric vehicle and popular in future. Core for stator uses Soft Magnetic Composite (SMC) to conduct the threedimensional magnetic flux. All stator segments and concentrated winding are fixed with the aid of two annular plates. There are cavities on both plates which have the same shape as the shoe of the stator segment. Moreover, the deformation of the plates must be kept as low as possible and have very high yield strength because of stress from the bearing. A complex structure, high durability, and high electrical resistance are the challenges. Polyetheretherketone (PEEK) is usually used as the plates, however high price and manufacturing cost remain an issue. Some other materials have a possibility and approach to PEEK capability. In this paper, candidate materials will be developed as a specimen and tested on the BH - Curve meter to look up the hysteresis graph. The BH-Curve data provide simulation on Finite Element Magnetic Method (FEMM). The advantages and disadvantages are discussed in this paper. The analysis result demonstrates that other materials carbon fibre possess a similar capability as PEEK related to YASA stator plate holder to find out the best material for electrical impact and had more than 97% efficiency in performa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 621.313 2 Des a-1
Uncontrolled Keywords: YASA(Yokeless axial segmented armature), Pemegang stator, FEMM,SMC(soft magnetic composite), Serat karbon
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL152.5 Motor vehicles Driving
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ayuning Fitri Desanti
Date Deposited: 28 Feb 2025 07:12
Last Modified: 28 Feb 2025 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74309

Actions (login required)

View Item View Item