Desain Kitchen Sink Untuk Dapur Rumah Tangga Dengan Konsep Modular Countertop Dan Ramah Wanita

Ramandhita, Daphine Lazuardian (2020) Desain Kitchen Sink Untuk Dapur Rumah Tangga Dengan Konsep Modular Countertop Dan Ramah Wanita. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311440000012-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311440000012-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Dapur yang dulu merupakan area yang identik dengan area terpisah di belakang rumah, kini beralih fungsi sebagai area interaksi antar anggota keluarga, area pengganti ruang tamu, area belajar dan juga menjadi penunjuk status sosial. Hal ini membuat kebutuhan dapur yang selain fungsional, juga harus terorganisir dan bersih. Kitchen sink sebagai salah satu dari tiga area penting di dapur, memiliki permasalahan yang dihadapi seperti kerja yang tidak efisien pada saat proses racik, masak, dan cuci. Ibu rumah tangga harus melakukan perpindahan yang berulang pada beberapa area di sekitar dapur (area sink, racik, masak, dan pembuangan sampah). Lalu penyimpanan piring yang telah dicuci tidak terorganisir dengan baik. Sehingga ruang cuci menjadi penuh dan mengurangi ruang kerja pengguna. Hal ini tidak mendukung fungsi dapur sebagai fungsi eksibisi dan interaksi pada rumah tangga. Maka dari itu diperlukan area cuci yang dapat memudahkan ibu rumah tangga dalam melakukan aktivitas dapurnya, yang mudah diorganisir, modern, dan eksibitif. Metode yang digunakan dalam penggalian masalah adalah metode shadowing, wawancara mendalam, dan observasi lapangan pada user. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui pola aktivitas yang dilakukan oleh mayoritas pengguna dapur rumah tangga (ibu rumah tangga). Pengembangan desain dilakukan dengan metode affinity diagram dan benchmarking. Hasil perancangan menghasilkan kitchen sink dengan modul multifungsi untuk memotong, meniriskan piring, dan tempat mangkok racik dan saringan. Di sekitar sink juga terdapat tempat sampah sementara untuk membuang sisa aktivitas dapur. Dengan begitu aktivitas bolak-balik yang sebelumnya dilakukan dapat dieliminasi.
=================================================================================================================================
Kitchen that we used to know as a separated area at the rear side of the home, now converted into an interaction area along family members, unofficial living room, place to study, or even as a social statement. This lead to kitchen—beside functional—needs to be an organized and clean area. Sink, as one of three principal areas in kitchen, has few problems to face for. Such as inefficient work during preparation, cooking, washing, and waste storing. These activities take different places to do for. Users (housewives) have to walk back and forth at these places. The other major problem is disorganized utensils and dishes. It’s reduce the effective area of sink itself. It its contradictive with the exhibitive function of the kitchen. Therefore, sink needs to support the housewives in order to do kitchen activities. Furthermore, it has to be organizable, modern, and exhibitive. The applied method to observe the main problems are shadowing, user and experts deep interview, and field observation. These methods are applied to discover activity patterns and user experience over major user (housewives). Design developed by benchmarking and affinity diagram briefing and analysis.
The research results a multifunctional module for sink, that contains cutting board, dish rack, ingredients bowl, and colander. Trash bin is also provided next to the sink to store temporary waste after preparation. As the results, back and forth movement can be eliminated or reduced.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDP 683.82 Ram d-1 2020
Uncontrolled Keywords: Dapur, Ibu Rumah Tangga, Kitchen Sink, Modular
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Daphine Lazuardian Ramandhita
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:34
Last Modified: 08 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74633

Actions (login required)

View Item View Item