Analisis Konversi Deck Barge Menjadi Self-Propelled Cng Barge Untuk Jalur Pelayaran Bontang – Banjarmasin

Prasetiyo, Agung (2019) Analisis Konversi Deck Barge Menjadi Self-Propelled Cng Barge Untuk Jalur Pelayaran Bontang – Banjarmasin. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111240000046-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111240000046-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Banyaknya deck barge yang tidak beroperasi dan adanya kebutuhan sarana transportasi pengangkutan gas alam menghadirkan solusi untuk mendayagunakan deck barge. Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai konversi deck barge menjadi Self-Propelled CNG Barge sebagai sarana transportasi pengangkutan gas alam untuk memenuhi kebutuhan PLTG Kalsel Peaker 100 MW. Pada analisis teknis dilakukan modifikasi kapal sesuai aturan ABS (American Bureau of Shipping) tentang standar minimum untuk lokasi ruang muat CNG dan pemenuhan kriteria kekuatan konstruksi kapal setelah konversi. Untuk pemenuhan standar freeboard, tonase, dan stabilitas kapal mengikuti standar umum kapal menurut aturan internasional. Modifikasi yang dilakukan terdiri dari penambahan ruang muat, kamar mesin dan rumah geladak untuk mendukung operasional kapal. Setelah dikonversi kapal dapat mengangkut gas sebanyak 1.029.033,71 m3 yang dapat memenuhi kebutuhan PLTG Kalsel Peaker 100 MW selama 5,66 hari dalam satu kali pengangkutan. Untuk kebutuhan permesinan kapal dilengkapi dengan 2 buah mesin utama dengan total daya sebesar 1.509,2 HP dan 2 buah mesin pendukung dengan total daya sebesar 407,88 HP. Pada bagian buritan dilakukan perubahan bentuk kapal untuk menyesuaikan ukuran dari sistem propulsi kapal. Setelah dilakukan perubahan dan penambahan konstruksi didapatkan tegangan konstruksi kapal maksimal sebesar 352.666 kg/cm2 lebih kecil dari tegangan ijin ABS. Tinggi freeboard minimum adalah 1,164 meter dengan sarat maksimum 3,035 meter, besarnya tonase kapal adalah 10.038 GT, dan kondisi stabilitas kapal memenuhi kriteria IMO Resolution MSC 267(85). Sedangkan pada analisis ekonomis dilakukan perhitungan biaya konversi deck barge menjadi Self-Propelled CNG Barge, yaitu sebesar 130.591.890.602 rupiah
================================================================================================================================
A lot of unoperated deck barge and a need for transport natural gas present a solution to utilize the deck barge. Purpose of this Final Project is to analyze the conversion of deck barge into Self-Propelled CNG Barge as a tool of natural gas transportation to fulfill the PLTG Kalsel Peaker 100 MW needs. In technical analysis, the modification is based on ABS (American Bureau of Shipping) rules about minimum standard for location of CNG cargo space and fulfillment of strength criteria of ship construction. Fulfillment of freeboard, tonnage, and ship stability standard follow general standard of ship according to international rules. The modification that support operational ship consists of addition of cargo, machine room, and deck house. The ship which has converted can transport 1.029.033,71 m3 of natural gas. It can fulfill PLTG Kalsel Peaker 100 MW needs for 5,66 days in one trip. Ship machinery is equipped by two main engine with 1.509,156 HP total power and two auxiliary engine with 407,880 HP total power. Modification of ship shape on stern section is done to adjust the size of propulsion system of the ship. Maximal stress of ship construction 352.666 kg/cm2 after the modification and addition of construction, less than allowable stress of ABS. Minimum height of freeboard is 1,164 meters with 3,035 meters maximum height, 10.038 GT of ship tonnage, and condition of the ship stability meet IMO Resolution MSC 267(85) criteria. The cost conversion of deck barge into Self-Propelled CNG Barge is 130.591.890.602 rupiah based on economical analysis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konversi kapal, Deck Barge, Self-Propelled CNG Barge
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agung Prasetiyo
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:18
Last Modified: 26 Jul 2024 04:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/74638

Actions (login required)

View Item View Item