Analisa Pengaruh Emisi Gas Buang Dalam Penggunaan Bahan Bakar LNG Pada Kapalkapal Yang Beroperasi Di Jalur APBS Dengan Pemodelan Dinamika Sistem

Fajardianto, Arian Puji (2016) Analisa Pengaruh Emisi Gas Buang Dalam Penggunaan Bahan Bakar LNG Pada Kapalkapal Yang Beroperasi Di Jalur APBS Dengan Pemodelan Dinamika Sistem. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4212100058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim yang berada di kawasan Emisiion Control Area (ECA) / Daerah pengendalian udara harus memperhatikan laju pertumbuhan kapal agar polusi udara yang dihasilkan berada di aturan yang ada. Alur Pelayaran Barat Surabaya menjadi salah satu daerah transportasi laut terbesar di Indonesia sehinga menyebabkan jumlah polusi udara tinggi. Laju pertumbuhan Kapal yang akan dibangun untuk daerah ini tentunya harus menjadi perhatian khusus agar tidak menimbulkan polusi yang melebihi aturan yang ada. Emisi gas buang yang dihasilkan mesin kapal mengandung Karbon monoksida (CO), Sulfur Oksida (SOx) dan Nitrogen Oksida ( NOx), dalam jumlah tertentu dapat membahayakan lingkungan sekitar, termasuk mengakibatkan kematian pada manusia. Sehingga diperlukan skenario agar pertumbuhan kapal yang ada tidak menyebabkan bertambahnya polusi udara yang mengakibatkan pencemaran dan kematian. Pada penelitian ini data Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) digunakan untuk mengetahui estimasi emisi yang dihasilkan oleh populasi kapal menggunakan metodologi Trozzy et al. Dari pemodelan menggunakan Dinamika Sistem x menghasilkan pemodelan untuk sepuluh tahun ke depan dengan menggunakan 20 % dari populasi kapal tersebut yang diganti menggunakan LNG sebagai bahan bakar. Konsentrasi yang dihasilkan oleh populasi kapal pada sepuluh tahun yang akan datang dengan laju pertumbuhan kapal menghasilkan emisi PM 59.09 kg/h dengan konsentrasi 48.18 μg/m3, SOx terkandung sebesar 29,546 kg/h dengan konsentrasi 66,92 μg/m3, CO sebesar 9.356,19 kg/h dengan konsentrasi 7628.99 μg/m3, NOx sebesar 11,325.91 dengan konsentrasi 25.65 μg/m3. ======================================================================================================== Indonesia as a maritime country that includes in Emisiion Control Area (ECA) / Regional air control should pay attention to the growth rate of the vessel so that the air pollution produced is under contolled bythe rule . West Surabaya Sailing Route become one of the largest marine transportation in Indonesia so that led to the number of high air pollution. The growth rate of ship to be built for this area certainly should be a special attention in order to cause no pollution which exceeds the existing rules. Exhaust emissions produced by ship engines contain carbon monoxide (CO), sulfur dioxide (SOx) and nitrogen oxides (NOx), a certain amount can be harmful for the environment, including lead to death in humans. So it is necessary that the growth scenario existing ships do not cause air pollution are causing pollution and death. In this study, the data Kesyabandaran and Port Authority (KSOP) is used to determine the estimation of the emissions of ships population using Trozzy methodology et al. The modeling using system dynamics modeling to produce the next ten years by using 20% of the population of the vessel is changed using LNG as fuel. Concentration produced by a population of ten vessels in coming years with the growth rate of ship emissions PM 59.09 kg xii /h with a concentration of 48.18 ug / m3, SOx contained amounting to 29.546 kg / h with a concentration of 66.92 ug / m3, CO of 9,356, 19 kg / h with a concentration of 7628.99 g / m3, NOx concentration at 11,325.91 with 25.65 ug / m3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.252 8 Faj a
Uncontrolled Keywords: APBS, ECA, Trozzy Metodology, NOx,SOx,CO, Pm, Pemodelan, Dinamika Sistem
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:30
Last Modified: 19 Feb 2020 01:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75030

Actions (login required)

View Item View Item