Analisa Pengaruh Emisi Gas Buang Dalam Penggunaan Bahan Bakar LNG Pada Kapalkapal Yang Beroperasi Di Jalur APBS Dengan Pemodelan Dinamika Sistem

Fajardianto, Arian Puji (2016) Analisa Pengaruh Emisi Gas Buang Dalam Penggunaan Bahan Bakar LNG Pada Kapalkapal Yang Beroperasi Di Jalur APBS Dengan Pemodelan Dinamika Sistem. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212100058-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim yang berada di kawasan
Emisiion Control Area (ECA) / Daerah pengendalian udara harus
memperhatikan laju pertumbuhan kapal agar polusi udara yang
dihasilkan berada di aturan yang ada. Alur Pelayaran Barat
Surabaya menjadi salah satu daerah transportasi laut terbesar di
Indonesia sehinga menyebabkan jumlah polusi udara tinggi. Laju
pertumbuhan Kapal yang akan dibangun untuk daerah ini
tentunya harus menjadi perhatian khusus agar tidak menimbulkan
polusi yang melebihi aturan yang ada. Emisi gas buang yang
dihasilkan mesin kapal mengandung Karbon monoksida (CO),
Sulfur Oksida (SOx) dan Nitrogen Oksida ( NOx), dalam jumlah
tertentu dapat membahayakan lingkungan sekitar, termasuk
mengakibatkan kematian pada manusia. Sehingga diperlukan
skenario agar pertumbuhan kapal yang ada tidak menyebabkan
bertambahnya polusi udara yang mengakibatkan pencemaran dan
kematian. Pada penelitian ini data Kesyabandaran dan Otoritas
Pelabuhan (KSOP) digunakan untuk mengetahui estimasi emisi
yang dihasilkan oleh populasi kapal menggunakan metodologi
Trozzy et al. Dari pemodelan menggunakan Dinamika Sistem
x
menghasilkan pemodelan untuk sepuluh tahun ke depan dengan
menggunakan 20 % dari populasi kapal tersebut yang diganti
menggunakan LNG sebagai bahan bakar. Konsentrasi yang
dihasilkan oleh populasi kapal pada sepuluh tahun yang akan
datang dengan laju pertumbuhan kapal menghasilkan emisi PM
59.09 kg/h dengan konsentrasi 48.18 μg/m3, SOx terkandung
sebesar 29,546 kg/h dengan konsentrasi 66,92 μg/m3, CO sebesar
9.356,19 kg/h dengan konsentrasi 7628.99 μg/m3, NOx sebesar
11,325.91 dengan konsentrasi 25.65 μg/m3.
========================================================================================================
Indonesia as a maritime country that includes in Emisiion Control
Area (ECA) / Regional air control should pay attention to the
growth rate of the vessel so that the air pollution produced is
under contolled bythe rule . West Surabaya Sailing Route become
one of the largest marine transportation in Indonesia so that led to
the number of high air pollution. The growth rate of ship to be
built for this area certainly should be a special attention in order
to cause no pollution which exceeds the existing rules. Exhaust
emissions produced by ship engines contain carbon monoxide
(CO), sulfur dioxide (SOx) and nitrogen oxides (NOx), a certain
amount can be harmful for the environment, including lead to
death in humans. So it is necessary that the growth scenario
existing ships do not cause air pollution are causing pollution and
death. In this study, the data Kesyabandaran and Port Authority
(KSOP) is used to determine the estimation of the emissions of
ships population using Trozzy methodology et al. The modeling
using system dynamics modeling to produce the next ten years by
using 20% of the population of the vessel is changed using LNG
as fuel. Concentration produced by a population of ten vessels in
coming years with the growth rate of ship emissions PM 59.09 kg
xii
/h with a concentration of 48.18 ug / m3, SOx contained
amounting to 29.546 kg / h with a concentration of 66.92 ug / m3,
CO of 9,356, 19 kg / h with a concentration of 7628.99 g / m3,
NOx concentration at 11,325.91 with 25.65 ug / m3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.252 8 Faj a
Uncontrolled Keywords: APBS, ECA, Trozzy Metodology, NOx,SOx,CO, Pm, Pemodelan, Dinamika Sistem
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 19 Feb 2020 01:30
Last Modified: 19 Feb 2020 01:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75030

Actions (login required)

View Item View Item