Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau Untuk Menyerap Gas Karbon Dioksida (Co2) Dari Kendaraan Bermotor Di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya(Merr Iic)

Gracia, Austenyta Sola (2016) Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau Untuk Menyerap Gas Karbon Dioksida (Co2) Dari Kendaraan Bermotor Di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya(Merr Iic). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
3312100115-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (MERR IIC) merupakan koridor jalan arteri sekunder yang menjadi jalan alternatif penghubung Surabaya Selatan dengan Surabaya Utara. Jalan MERR IIC yang berfungsi sebagai kawasan perdagangan, jasa, dan pemukiman menyebabkan jalan tersebut semakin padat oleh aktivitas transportasi terutama kendaraan bermotor. Di mana aktivitas transportasi tersebut menyebabkan emisi CO2 yang dilepaskan ke lingkungan semakin bertambah. Sehingga perlu dilakukan kajian kecukupan Ruang Terbuka Hijau untuk menyerap emisi CO2 yang berasal dari kendaraan bermotor di Jalan MERR IIC. Dalam tugas akhir ini, dilakukan kajian kecukupan RTH jalur hijau Jalan MERR IIC dengan memperkirakan emisi karbon dioksida (CO2) dari aktivitas transportasi di jalan tersebut 5 tahun ke depan yang akan dibandingkan dengan daya serap CO2 dari vegetasi eksisting. Data jumlah emisi CO2 diperoleh dari hasil perhitungan dari jumlah kendaraan bermotor yang didapat dengan metode traffic counting. Sedangkan daya serap vegetasi eksisting diperoleh dari observasi langsung dan studi literatur. Daya serap total pohon di Segmen A (Jl. Arif Rahman Hakim-Jl.Sukosemolo) sebesar 154,88 g/detik dan Segmen C (Jl. Kedung Baruk-Jl. Raya Rungkut) sebesar 218,72 g/detik Kedua segmen jalan tersebut masih mampu menyerap emisi CO2 akibat aktivitas kendaraan bermotor hingga tahun 2021 dengan sisa kemampuan daya serap sebesar 77,29 g/detik dan 81,90 g/detik secara berturut-turut. Sedangkan pohon pada Segmen B (Jl. v Sukosemolo-Jl. Kedung Baruk) dengan total daya serap sebesar 78,20 g/detik belum mampu menyerap emisi CO2 dari kendaraan bermotor yang dibuktikan dengan masih adanya sisa emisi CO2 sebesar 6,74 g/detik pada tahun 2021 ==============================================================================================Dr. Ir. H. Soekarno street (MERR IIC) is a secondary arterial road corridors are becoming an alternative road connecting South with North Surabaya Surabaya. IIC MERR road that serves as an area of trade, services, and settlement led to the increasingly crowded roads by transport activity, especially of motor vehicles. Where the transport activities cause the increasing of CO2 emission released into the environment. So necessary to study the adequacy of the green open space to absorb CO2 emissions from motor vehicles in Jalan MERR IIC. In this final project, a study conducted adequacy green open space of MERR IIC road to estimate emissions of carbon dioxide (CO2) from the road transport activity in the next 5 years will be compared with the absorption of CO2 from the existing vegetation. Data on the number of CO2 emission is obtained from the calculation of the number of vehicles obtained by the method of traffic counting. While the absorption of existing vegetation derived from direct observation and study of literature. Total absorption capacity of trees on Segment A (Jl. Arif Rahman Hakim-Jl.Sukosemolo) amounted to 154,88 g/sec and Segment C (Jl. Kedung Baruk-Jl. Raya Rungkut) amounted to 218,72 g/sec. Both these segments still able to absorb CO2 emissions due to motor vehicle activity up to year 2021 with the rest of the absorption capability of 77,29 g/sec and 81,90 g/sec respectively. While trees in Segment B (Jl. Sukosemolo-Jl. Kedung Baruk) with a total absorption of 2830.61 tons / year have not been able to absorb the CO2 emissions from motor vehicles vii as evidenced by the presence of residual CO2 emissions by 6,74 g/sec in 2021

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSL 363.738 7 Gra k
Uncontrolled Keywords: Daya serap vegetasi, karbon dioksida (CO2), kendaraan bermotor, Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, ruang terbuka hijau.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455 Carbon. Nanotubes.
T Technology > TP Chemical technology > TP350 Natural gas--Drying.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Feb 2020 10:11
Last Modified: 19 Feb 2020 10:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75053

Actions (login required)

View Item View Item