Gracia, Austenyta Sola (2016) Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau Untuk Menyerap Gas Karbon Dioksida (Co2) Dari Kendaraan Bermotor Di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, Surabaya(Merr Iic). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
3312100115-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jalan Dr. Ir. H. Soekarno (MERR IIC) merupakan
koridor jalan arteri sekunder yang menjadi jalan alternatif
penghubung Surabaya Selatan dengan Surabaya Utara. Jalan
MERR IIC yang berfungsi sebagai kawasan perdagangan, jasa,
dan pemukiman menyebabkan jalan tersebut semakin padat oleh
aktivitas transportasi terutama kendaraan bermotor. Di mana
aktivitas transportasi tersebut menyebabkan emisi CO2 yang
dilepaskan ke lingkungan semakin bertambah. Sehingga perlu
dilakukan kajian kecukupan Ruang Terbuka Hijau untuk
menyerap emisi CO2 yang berasal dari kendaraan bermotor di
Jalan MERR IIC.
Dalam tugas akhir ini, dilakukan kajian kecukupan RTH
jalur hijau Jalan MERR IIC dengan memperkirakan emisi karbon
dioksida (CO2) dari aktivitas transportasi di jalan tersebut 5 tahun
ke depan yang akan dibandingkan dengan daya serap CO2 dari
vegetasi eksisting. Data jumlah emisi CO2 diperoleh dari hasil
perhitungan dari jumlah kendaraan bermotor yang didapat
dengan metode traffic counting. Sedangkan daya serap vegetasi
eksisting diperoleh dari observasi langsung dan studi literatur.
Daya serap total pohon di Segmen A (Jl. Arif Rahman
Hakim-Jl.Sukosemolo) sebesar 154,88 g/detik dan Segmen C (Jl.
Kedung Baruk-Jl. Raya Rungkut) sebesar 218,72 g/detik Kedua
segmen jalan tersebut masih mampu menyerap emisi CO2 akibat
aktivitas kendaraan bermotor hingga tahun 2021 dengan sisa
kemampuan daya serap sebesar 77,29 g/detik dan 81,90 g/detik
secara berturut-turut. Sedangkan pohon pada Segmen B (Jl.
v
Sukosemolo-Jl. Kedung Baruk) dengan total daya serap sebesar
78,20 g/detik belum mampu menyerap emisi CO2 dari kendaraan
bermotor yang dibuktikan dengan masih adanya sisa emisi CO2
sebesar 6,74 g/detik pada tahun 2021
==============================================================================================Dr. Ir. H. Soekarno street (MERR IIC) is a secondary
arterial road corridors are becoming an alternative road
connecting South with North Surabaya Surabaya. IIC MERR road
that serves as an area of trade, services, and settlement led to
the increasingly crowded roads by transport activity, especially of
motor vehicles. Where the transport activities cause the
increasing of CO2 emission released into the environment. So
necessary to study the adequacy of the green open space to
absorb CO2 emissions from motor vehicles in Jalan MERR IIC.
In this final project, a study conducted adequacy green
open space of MERR IIC road to estimate emissions of carbon
dioxide (CO2) from the road transport activity in the next 5 years
will be compared with the absorption of CO2 from the existing
vegetation. Data on the number of CO2 emission is obtained from
the calculation of the number of vehicles obtained by the method
of traffic counting. While the absorption of existing vegetation
derived from direct observation and study of literature.
Total absorption capacity of trees on Segment A (Jl. Arif
Rahman Hakim-Jl.Sukosemolo) amounted to 154,88 g/sec and
Segment C (Jl. Kedung Baruk-Jl. Raya Rungkut) amounted to
218,72 g/sec. Both these segments still able to absorb CO2
emissions due to motor vehicle activity up to year 2021 with the
rest of the absorption capability of 77,29 g/sec and 81,90 g/sec
respectively. While trees in Segment B (Jl. Sukosemolo-Jl.
Kedung Baruk) with a total absorption of 2830.61 tons / year have
not been able to absorb the CO2 emissions from motor vehicles
vii
as evidenced by the presence of residual CO2
emissions by 6,74 g/sec in 2021
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSL 363.738 7 Gra k |
Uncontrolled Keywords: | Daya serap vegetasi, karbon dioksida (CO2), kendaraan bermotor, Jalan Dr. Ir. H. Soekarno, ruang terbuka hijau. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455 Carbon. Nanotubes. T Technology > TP Chemical technology > TP350 Natural gas--Drying. |
Divisions: | Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 10:11 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 10:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75053 |
Actions (login required)
View Item |