Studi Eksperimen Karakteristik Getaran Sistem Utama Dengan Penambahan Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) – Independent

Nugroho, Hakim Imam (2015) Studi Eksperimen Karakteristik Getaran Sistem Utama Dengan Penambahan Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) – Independent. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112106026-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Getaran yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada konstruksi peralatan sehingga perlu direduksi. Salah satu cara untuk mereduksi getaran yang berlebih adalah dengan menambahkan Dynamic Vibration Absorber (DVA) pada sistem tersebut. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan studi eksperimen karakteristik getaran sistem utama 2 Degree of Freedom (DOF) dengan penambahan double DVA independent. Studi eksperimen dilakukan dengan mengukur getaran pada sistem utama dengan meletakkan accelerometer pada titik berat dan diujung sistem utama dengan jarak yang ditentukan. Kemudian pengujian dilakukan dengan variasi putaran motor (15,20, 25,30, 35) Hz dan sudut phasa 90°. Selain itu divariasikan jarak antar 2 D VA pada s istem paralel yaitu (L/10,L/5,L/3 ) dari panjang total sistem utama 50 cm. Hasil yang diperoleh dari pengujian sistem dengan penambahan double DVA-Independent adalah sebagai berikut: nilai reduksi maksimal pada gerak translasi terletak pada variasi lengan L/10 dan pada frekuensi 25 Hz dengan nilai reduksi 0,60 m/s2 atau dengan nilai 60 % dan untuk gerak rotasi nilai reduksi maksimal terletak pada variasi lenganii L/10 dan pada frekuensi 25 Hz dengan nilai reduksi sebesar 0,36 rad/s2 atau dengan nilai 36 % . Dari niali diatas dapat disimpulkan sistem dengan penambahan double DVAIndependent dapat meredam respon getaran baik arah translasi dan rotasi. ================================================================================================ Remain of vibration could be demage of equipment construction and it has to be reduction. Increment Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) in the system in the one way reduction the remain vibration. In this final project going to do e ksperimental study of main system 2 Degree Of Fredom (DOF) with increment double DVA – Independent. This eksperimental study do with measuring vibration at the main system with accelorometer putting on center of gravity and the end of main system at a set distance . Then, testing of the main system with variation of motor rotation (15,20,25,30,35) Hz and phasa angle 90° . E lse variation of distance between 2 DVA in paralel system (L/10,L/5,L/3) from total length of 50 cm main system This final project resulted maximum reduction value with translation movement at length variation L/10 with frequency 25 Hz and reduction value 0,60 m/s2 or with value 60% and f or rotation movement at length L/10 with frequency 25 Hz amd reduction 0,36 r ad/sec2 or with value 36%. From upon value conclude that increment of double DVA – Independent can beiv muffle vibration respon well at translation movement and rotation movement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Nug s
Uncontrolled Keywords: Respon getaran, DVA, Sudut Phasa,Frekuensi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA935 Vibration
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Mar 2020 04:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75366

Actions (login required)

View Item View Item