Nugroho, Hakim Imam (2015) Studi Eksperimen Karakteristik Getaran Sistem Utama Dengan Penambahan Double Dynamic Vibration Absorber (DVA) – Independent. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2112106026-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Getaran yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada
konstruksi peralatan sehingga perlu direduksi. Salah satu cara
untuk mereduksi getaran yang berlebih adalah dengan
menambahkan Dynamic Vibration Absorber (DVA) pada
sistem tersebut.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan studi eksperimen
karakteristik getaran sistem utama 2 Degree of Freedom
(DOF) dengan penambahan double DVA independent. Studi
eksperimen dilakukan dengan mengukur getaran pada sistem
utama dengan meletakkan accelerometer pada titik berat dan
diujung sistem utama dengan jarak yang ditentukan.
Kemudian pengujian dilakukan dengan variasi putaran motor
(15,20, 25,30, 35) Hz dan sudut phasa 90°. Selain itu
divariasikan jarak antar 2 D VA pada s istem paralel yaitu
(L/10,L/5,L/3 ) dari panjang total sistem utama 50 cm.
Hasil yang diperoleh dari pengujian sistem dengan
penambahan double DVA-Independent adalah sebagai
berikut: nilai reduksi maksimal pada gerak translasi terletak
pada variasi lengan L/10 dan pada frekuensi 25 Hz dengan
nilai reduksi 0,60 m/s2 atau dengan nilai 60 % dan untuk gerak
rotasi nilai reduksi maksimal terletak pada variasi lenganii
L/10 dan pada frekuensi 25 Hz dengan nilai reduksi sebesar
0,36 rad/s2 atau dengan nilai 36 % . Dari niali diatas dapat
disimpulkan sistem dengan penambahan double DVAIndependent dapat meredam respon getaran baik arah
translasi dan rotasi.
================================================================================================
Remain of vibration could be demage of equipment
construction and it has to be reduction. Increment Double
Dynamic Vibration Absorber (DVA) in the system in the one way
reduction the remain vibration.
In this final project going to do e ksperimental study of
main system 2 Degree Of Fredom (DOF) with increment double
DVA – Independent. This eksperimental study do with measuring
vibration at the main system with accelorometer putting on
center of gravity and the end of main system at a set distance .
Then, testing of the main system with variation of motor rotation
(15,20,25,30,35) Hz and phasa angle 90° . E lse variation of
distance between 2 DVA in paralel system (L/10,L/5,L/3) from
total length of 50 cm main system
This final project resulted maximum reduction value with
translation movement at length variation L/10 with frequency 25
Hz and reduction value 0,60 m/s2 or with value 60% and f or
rotation movement at length L/10 with frequency 25 Hz amd
reduction 0,36 r ad/sec2 or with value 36%. From upon value
conclude that increment of double DVA – Independent can beiv
muffle vibration respon well at translation movement and rotation
movement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.243 Nug s |
Uncontrolled Keywords: | Respon getaran, DVA, Sudut Phasa,Frekuensi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA935 Vibration T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 04:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75366 |
Actions (login required)
View Item |