Pemerataan Beban Kerja Inspeksi Peralatan Dengan Metode Work Load Analysis

Jurindar, Muhammad Dheny Muin (2014) Pemerataan Beban Kerja Inspeksi Peralatan Dengan Metode Work Load Analysis. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9111201810-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
9111201810-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (657kB) | Preview

Abstract

Untuk menjamin proses produksi di industri migas berjalan secara berkesinambungan maka diperlukan peralatan yang handal agar tidak terjadi kerusakan peralatan secara tiba-tiba. Salah satu yang dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kerusakan pada peralatan adalah dengan membuat sistem inspeksi yang terencana. Total EP Indonesie telah membuat sistem database untuk membantu dalam penanganan pekerjaan inspeksi akan tetapi dalam pelaksanaannya setiap tahunnya banyak sekali pekerjaan inspeksi yang tidak bisa dilakukan sesuai dengan perencanaan awal hal ini tentunya mengurangi keandalan dari sistem yang ada yang pada akhirnya akan membahayakan sistem keamanan dan proses produksi yang sedang berjalan. Penambahan tim sudah dilakukan oleh manajemen perusahaan namun sampai saat ini masih banyak pekerjaan inspeksi yang tidak bisa diselesaikan sesuai perencanaan awal sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan pekerjaan yang semakin bertambah dari hari ke hari. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah alokasi tenaga kerja yang dilakukan manajemen perusahaan saat ini sudah optimum atau belum yaitu dengan cara pemerataan beban kerja menggunakan metode analisa beban kerja work load analysis. Dari hasil penelitian akan dapat diketahui alokasi penempatan karyawan yang optimum sehingga di akhir penelitian bisa ditentukan rekomendasi untuk perencanaan pekerjaan inspeksi peralatan berikutnya.
=================================================================================================
In order to to ensure the production process in oil and gas industry runs continuously it requires reliable equipments to prevent unplanned equipment breakdown. As a solution to minimize the damage to the equipment is to create a well-planned system of inspection. Total EP Indonesie has established a good system to manage the inspection activities however during implementation the outstanding inspections job is always increasing from year to year. This condition will bring the existing equipments into downgraded situation and consequently will jeopardize the security of the ongoing production process. Additional teams has been mobilized to solve this issue however the same problems is still appear. Based on the above problems it is necessary to conduct further research to determine whether the allocation of manpower has been optimized or not through work leveling process by using work load analysis method. The objective of this research is to obtain the manpower optimization through work allocation in inspection activities as a reference to determine the future inspection work planning

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.542 Jur p
Uncontrolled Keywords: inspeksi, tenaga kerja, analisa beban kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 09 Mar 2020 05:03
Last Modified: 09 Mar 2020 05:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75370

Actions (login required)

View Item View Item