Pengaplikasian Teknik Interlocking Pada Material Kulit Sisa Untuk Produk Tas Wanita

PUTRI, SALSABILA NADIA CIPTA (2020) Pengaplikasian Teknik Interlocking Pada Material Kulit Sisa Untuk Produk Tas Wanita. Other thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of LAPORAN Salsabila Nadia C P ( 08311540000089 ).pdf]
Preview
Text
LAPORAN Salsabila Nadia C P ( 08311540000089 ).pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 08311540000089-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08311540000089-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berbicara tren dan fesyen saling erat hubungannya dengan wanita. Fenomenanya saat ini produk-produk fesyen sering kali menjadi produk terlaris yang paling banyak dijual. Produk fesyen yang menjadi ikon dan menjadi konsumsi wajib bagi wanita adalah tas, yang merupakan bentuk dari identitas diri dari penggunanya. Fenomena produk fesyen dari kulit seperti jaket, tas, sepatu, dan masih banyak lagi juga menjadi daya tarik bagi masyarakat luas karena dapat menaikkan value pengguna dan sifatnya yang tahan lama, ini menjadi sasaran awal penggunaan material kulit, dari banyaknya pengguna produk kulit dapat dibayangkan banyaknya limbah kulit yang terbuang dari pembuatan produk tersebut. Identifikasi fenomena dan konsumerisme tas wanita menjadi awal dari riset ini. limbah kulit dan konsumerisme wanita terhadap tas menjadikan peluang tersendiri untuk dijadikan sebuah produk.. Kulit merupakan material alam yang bernilai jual tinggi, namun pada prosesnya menjadi produk kulit itu sendiri terdapat limbah baik padat maupun cair. Salah satu limbah padat yang dapat digunakan kembali dari peroses tersebut adalah potongan kulit hasil dari seleksi lembaran dimana memiliki value yang rendah. Potongan kulit di pabrik kulit disimpan di gudang penyimpanan atau di jual ke masyarakat . Dalam studi riset yang dilakukan penulis berfokus pada pemanfaatan limbah sisa potongan kulit dengan teknik eksplorasi sederhana sehingga dapat mengangkat nilai dari material limbah potongan kulit tersebut. Dari fenomena limbah sisa kulit, dilakukan identifikasi untuk
menghasilkan kategorisasi dimensi limbah. Dari kategorisasi limbah tersebut dihasilkan suatu teknik pengolahan berdasarkan dimensi dan karakter material. Sedangkan, pada riset pegguna membahas tentang target konsumen, tren, serta selera pasar. Melalui metode desain , penulis mencari key konsep untuk penyelesaian masalah , sehingga didapat tas dengan teknik eksplorasi interlocking yang mejadi salah satu solusi inovasi tas dengan memanfaatkan limbah potongan sisa material kulit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tren dan Fesyen, Tas Wanita, Produk kulit, limbah potongan kulit, Interlocking
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: salsabila nadia cipta putri
Date Deposited: 08 Jul 2024 05:46
Last Modified: 08 Jul 2024 05:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75419

Actions (login required)

View Item View Item