Simulasi Otomatisasi Sistem Transfer Dan Separasi Bahan Bakar Kapal Hfo Dengan Menggunakan Plc Siemens

Cahyagi, Danang (2016) Simulasi Otomatisasi Sistem Transfer Dan Separasi Bahan Bakar Kapal Hfo Dengan Menggunakan Plc Siemens. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212100131-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dari otomatisasi sistem transfer dan separasi bahan bakar HFO (Heavy Fuel Oil) dikapal dengan menggunakan PLC adalah untuk mengubah operasi pengolahan HFO yang saat ini dioperasikan secara manual oleh para kru menjadi sistem yang mampu beroperasi secara otomatis. Pada penelitian ini dirancang Sistem Transfer dan Separasi HFO otomatis menggunakan PLC.Sistem ini memanfaatkan sensor limit switch pada setiap tangki sebagai pemicu kinerja peralatan pengolah bahan bakar seperti pompa, separator, katup, dan pemanas. Sensor akan diolah oleh PLC sebelum mengontrol peralatan. Pengolahan dilakukan secara sekuensial disesuaikan dengan urutan pengolahan. Pengolahan dilakukan dengan rekomendasi badan klasfikasi dan produsen mesin. Proses kerja dari setiap sistem dapat dimonitoring pada layar monitor (Human Machine Interface). Monitor terdiri dari kinerja sistem transfer, sistem separasi, sistem sirkulasi, dan tampilan yang memuat keseluruhan sistem. PLC yang digunakan adalah PLC Siemens S7-300, dengan layar monitor KTP1000. Dengan sistem ini, pengolahan HFO dapat dioperasikan otomatis baik pada saat kapal dalam keadaan idle maupun pada kondisi berlayar ========================================================================================The main purpose of automation ship fuel (HFO) transfer and separating system is to convert manual operation fuel treatment to an electronically controlled. This research would establish automatic fuel transfer and separation system using PLC. The new system consist high level and low level switch as trigger for fuel oil treat equipment (valve, pump, separator, and heater). Level switches in tanks will be processed by PLC before activate the fuel treat equipment. In PLC, trigger from level switches are processed sequentially to fit in with fuel treatment order. Fuel treatment order has been recommended by classification society or engine maker. Work process from all automatically system will be controller and displayed in an interface monitor (Human Machine Interface). Interface monitor is consist of several screens such as Transfer System, Separation System, HFO Feed System, HFO circulating system, and one screen for all system. This work use PLC S7-300 as controller and KTP-1000 as interface. With this system, HFO treatment on board can be computerized controlled when ship idle or sailing mode

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 629.836 Cah s
Uncontrolled Keywords: Distribusi LNG, Linear Programming, Vehicle Routing Problem, Kajian Ekonomi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 01:09
Last Modified: 19 Mar 2020 01:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75502

Actions (login required)

View Item View Item