Optimasi Sumberdaya Layanan Service Untuk Memaksimalkan Profit Di Auto2000 Sungkono Dengan Metode Simulasi

Romaz, Ahmad Azkia (2015) Optimasi Sumberdaya Layanan Service Untuk Memaksimalkan Profit Di Auto2000 Sungkono Dengan Metode Simulasi. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9111201413-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
9111201413-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penopang bisnis otomotif di Auto2000 Sungkono adalah layanan purna jual yaitu service dan spare part. Layanan ini selain berperan sebagai pendukung penjualan unit baru, juga diharapkan sebagai penyumbang profit bagi perusahaan. Di tengah penurunan profit dari penjualan unit baru di tahun 2014 sebesar 42%, layanan service mampu mencatat pertumbuhan sebesar 6%. Oleh karena itu pengelolaan sumberdaya layanan service, seperti manpower, stall, dan stok suku cadang menjadi sangat penting dalam meningkatkan revenue sekaligus menekan biaya perusahaan. Tantangannya adalah bagaimana menentukan komposisi sumber daya yang optimal. Sumber daya yang terlalu kecil berpotensi menimbulkan loss dan ketidakpuasan pelanggan, sebaliknya sumberdaya yang berlebih akan menaikkan cost perusahaan. Penelitian ini ditujukan untuk menciptakan model sistem layanan service dan part yang akan digunakan untuk menganalisis dan menentukan komposisi sumberdaya yang optimal: manpower, stall dan suku cadang dengan tujuan memaksimalkan profit perusahaan. Pemodelan sistem menggunakan metode simulasi dengan bantuan suatu perangkat lunak dan pengambilan kesimpulan berdasarkan analisis statistik terhadap hasil simulasi yang diperoleh. Hasil simulasi menunjukkan pengaruh signifikan dari semua variabel dan keuntungan maksimal per hari yang bisa dicapai adalah Rp. 11.364.925 pada skenario komposisi variabel tertentu
======================================================================================================
One pillar of the automotive business in Auto2000 Sungkono is after-sales service that is workshop service and spare parts. This service is in addition to acting as a supporting sales of new units, as well as the expected profit contributor for the company. Amid a drop in profit from the sale of new units in 2014 amounted to 42%, workshop service able to record a growth of 6%. Therefore, the workshop resource management, such as manpower, stall, and stocks of spare parts to be very important in increasing revenue while lowering the cost of the company. The challenge is how to determine the optimal composition of resources. Resources that are too small could potentially cause loss and customer dissatisfaction, otherwise the excess resources will raise the cost of the company. This study aimed to create a m odel of the workshop service and parts system that will be used to analyze and determine the optimal composition of the resources: manpower, stall and spare parts with the aim of maximizing corporate profits. System modeling uses simulation methods with the help of a software and conclusions are made based on statistical analysis of simulation results. The simulation results show the significant influence of all the variables and maximum profit per day that can be achieved is Rp. 11.364.925 on certain variable composition scenarios

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 519.287 Rom o
Uncontrolled Keywords: bisnis otomotif, layanan service dan part, simulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 03 Apr 2020 09:21
Last Modified: 03 Apr 2020 09:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75680

Actions (login required)

View Item View Item