Rancang Bangun Random Word Generator Dengan Algoritma Backtracking Pada Gameplay Untuk Game Ambrosia

Setiawan, Fajar (2016) Rancang Bangun Random Word Generator Dengan Algoritma Backtracking Pada Gameplay Untuk Game Ambrosia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100010-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100010-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bermain game merupakan salah satu cara untuk mengisi
waktu luang. Game sendiri diciptakan untuk menghibur pengguna
yang memainkannya. Salah satu genre game yang sangat
menghibur dan menyenangkan serta merupakan favorit dari
pecinta game adalah Role Playing Game (RPG). Game RPG
sangat disukai karena pemain dapat mengkostumasi dan
mengembangkan karakter dalam game tersebut sesuai dengan
yang diinginkan oleh pemain.
Perkembangan game menuntut inovasi baru yang terus
hadir untuk menyesuaikan kebutuhan pasar. Salah satu inovasi
dalam game terletak pada gameplay. Dalam game RPG yang
menganut sistem Turn Base Strategy (TBS), improvisasi gameplay
sangatlah minim. Gameplay pada sistem TBS lebih
mengedepankan strategi, sedangkan untuk aksi tiap pemain sangat
kecil, sehingga membuat beberapa pemain awam akan merasa
bosan di awal. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut,
maka dikembangkan pembaruan terhadap gameplay TBS.
Ambrosia merupakan game RPG dengan improvisasi pada
gameplay TBS. Improvisasi yang dilakukan berupa penyusunan
kata dari huruf acak (anagram) untuk menyerang musuh. Proses
pengacakan dan pemilihan kata dilakukan dengan
mempertimbangkan bobot huruf awal. Sedangkan dalamviii
viii
membentuk solusi kata yang dapat terbentuk menggunakan
Algoritma Backtracking.
Hasil pengujian dari tugas akhir ini menunjukkan bahwa
Algoritma Backtracking yang digunakan mampu menyusun solusi
kata. Selain itu, improvisasi gameplay yang dilakukan berhasil
menarik perhatian pengguna untuk memainkan Ambrosia lagi
=========================================================================================================
Playing games is one way to spend our free time. Game
was created to entertain users who play it. One favorite genre for
some gamers is a Role Playing Game (RPG). RPG is favored
because players assume the roles of characters in a fictional
setting.
Game development requires new innovations to fulfill the
market’s requirement. One of the innovations in the game lies in
the gameplay. In the RPG game that adopts Turn Base Strategy
(TBS), improvised gameplay is very minimal. TBS system is focus
in strategy, while for the action of each player is very little, that
makes some novice players feel bored. Therefore, to solve these
problems, the TBS gameplay need to improved.
Ambrosia is RPG game with TBS gameplay that improved.
The improvement gameplay is creating a word from random letters
(Anagram) to attack the enemy. The randomization process is
considering by the weight of the initial letter. And for extraction of
words solution that can created is using Backtracking Algorithm.
After testing this game, it shows that words solution can
extracted by using Backtracking Algorithm. The improved
gameplay also successfully attract users to play Ambrosia again

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 006.6 Set r-1
Uncontrolled Keywords: Role Playing Game (RPG), Turn Base Strategy (TBS), Improvisasi, Anagram, Algoritma Backtracking.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Apr 2020 01:07
Last Modified: 20 Mar 2023 07:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75731

Actions (login required)

View Item View Item