Gestur Tangan Sebagai Interaksi Dan Kontrol Dalam Realitas Virtual Menggunakan Google Cardboard Dan Leap Motion

Nusantara, Tri Sutrisno (2016) Gestur Tangan Sebagai Interaksi Dan Kontrol Dalam Realitas Virtual Menggunakan Google Cardboard Dan Leap Motion. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100074-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100074-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Realitas Virtual merupakan salah satu bidang teknologi
yang sedang berkembang pesat. Banyak pengembang berlombalomba untuk mengembangkan aplikasi berbasis teknologi realitas
virtual. Namun, terdapat keterbatasan dalam berinteraksi dalam
lingkungan realitas virtual. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah
interaksi dan kontrol berbasis gestur tangan pada lingkungan
realitas virtual.
Memanfaatkan Leap Motion dalam menangkap gerakan
tangan secara real-time, pengguna dapat berinteraksi secara
langsung dengan lingkungan virtual. Google Cardboard
digunakan sebagai kamera utama pengguna untuk merasakan
pengalaman realitas virtual dengan smartphone.
Pengujian interaksi Leap Motion dalam realitas virtual
dilakukan dengan pembuatan skenario perbandingan interaksi
Leap Motion dengan interaksi yang sudah dikenal yaitu gamepad
serta kuesioner setelah pengujian. Melalui pengujian tersebut
dapat diperoleh kesimpulan bahwa pengguna lebih mudah
menggunakan gamepad dibandingkan dengan Leap Motion ketika
berinteraksi pada lingkungan virtual. Hal ini disebabkan karena
pengguna lebih familiar dengan penggunaan gamepad
dibandingkan dengan Leap Motion
==========================================================================================================
Virtual reality is one of highly developed technology in
recent day. Many developers are trying to develop virtual reality
based technology. Unfortunately, there’s a limitation in virtual
reality to interact with virtual environment. So, there should be an
interaction and control based on hand gesture to interact with
virtual environment.
Using Leap Motion technology as real-time hand motion
tracker, user can interact directly into virtual environment. Google
Cardboard is used as the main camera in virtual reality.
Interaction testing is used to compare Leap Motion with
gamepad as widely known interaction device. Interaction testing is
done by performing a scenario and post-test quesionnaire. As the
result, user is more familiar with gamepad, compared to Leap
Motion as interaction in virtual environment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.3 Nus g-1
Uncontrolled Keywords: Realitas Virtual, Interaksi Manusia dan Komputer, Leap Motion, Google Cardboard
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 13 Apr 2020 01:39
Last Modified: 13 Apr 2020 01:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75740

Actions (login required)

View Item View Item