Perancangan Media Edukasi Penerapan 5r Pada Usaha Mikro, Kecil & Menengah (Umkm) Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: Umkm Printing Di Surabaya)

Syarifuddin, Muhammad (2016) Perancangan Media Edukasi Penerapan 5r Pada Usaha Mikro, Kecil & Menengah (Umkm) Berbasis Augmented Reality (Studi Kasus: Umkm Printing Di Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2512100026-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2512100026-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia dimana 99% dari keseluruhan usaha di Indonesia berada dalam skala UMKM. Namun hal ini belum mampu diimbangi dengan kualitas UMKM yang baik dengan rendahnya produktivitas dan kualitas kerja pada UMKM. Cara yang cukup efektif untuk memperbaiki kualitas UMKM di Indonesia adalah dengan penerapan prinsip 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) yang sangat sederhana dan mudah diterapkan dalam skala UMKM. Dalam penerapan 5R diperlukan media edukasi yang efektif dan menarik untuk memberikan pemahaman dan membangun budaya kerja yang lebih baik. Penelitian ini merancang sebuah media yang dapat menjadi sarana edukasi penerapan 5R pada UMKM. Terdapat beberapa tahapan dalam penelitian ini, diantaranya adalah identifikasi aspek edukasi dalam penerapan 5R, perancangan dan pembangunan media edukasi, dan pengujian usabilitas kepada para pegawai yang bekerja pada UMKM. Hasil dari penelitian ini berupa media edukasi virtual berbasis augmented reality yang dapat menjelaskan prosedur penerapan 5R pada setiap area kerja pada UMKM. Dalam media edukasi ini digunakan objek virtual dan marker sebagai media untuk menunjukkan prosedur penerapan 5R. Pada media edukasi penerapan 5R yang disebut VERSIPRO ini terdapat 10 marker yang ditempatkan pada setiap area kerja mulai meja PC, meja kasir, area printing kertas dan banner, rak penyimpanan material kertas dan gulungan vinyl, area pemotongan, display produk hingga area tunggu pelanggan. Dari hasil pengujian aplikasi ditemukan beberapa aspek yang perlu diperbaiki yaitu pembuatan petunjuk penggunaan, Perbaikan desain marker, Rescaling objek, input audio, pengaturan directional light dan memperjelas teks penjelas. Hasil pengujian usabilitas menunjukkan bahwa media edukasi ini memberikan pengaruh terhadap pemahaman pengguna mengenai 5R secara signifikan dengan seluruh responden menyatakan puas ataupun sangat puas serta tertarik untuk menerapkan 5R pada area kerja mereka
==============================================================================================
Micro, Small and Medium Enterprises (SMEs) play an important role in the economy of Indonesia where 99% of the total business in Indonesia are SMEs. In the other side Indonesian SMEs has low productivity and bad quality of work. One of the effective way to improve the quality of SMEs in Indonesia is by applying the principles of 5S (Sort, Straighten, Shine, Standardize and Sustain), 5S is very simple and easy to implement in the scale of SMEs. The application of 5S in SMEs require an effective and attractive education media to provide understanding and build a better working behavior for the employees. The purpose of this research is to design a media that provide an education to expalain the procedure of 5S implementation. There are several stages in this study, including the identification of the education aspects in the implementation of 5S, design and construction of educational media, and usability testing to SMEs employees. The results of this study is a virtual education media based on augmented reality to explain the 5S implemantation procedure in each work area on SMEs. This educational media used a virtual object and the marker as a medium to demonstrate the 5S implemantation procedure. In this education media called VERSIPRO, there are 10 markers placed at each work area that is PC desk, counter, paper and banner printing area, storage shelves of paper and vinyl, cutting area, the display of products and customer waiting area. From the results of application testing found some aspects that need to be improved that is making user manuals, design improvements of the marker, Rescaling the objects, inputting audio, setting the directional light and clarify the explanatory text. The result of usability testing showed that the education media increase the user's understanding of the 5R implemantation significantly by all respondents said they were satisfied or very satisfied and interested in applying 5S in their work area

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 04 May 2020 04:50
Last Modified: 04 May 2020 04:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75935

Actions (login required)

View Item View Item