Perancangan Sistem Pemeliharaan Pada Turbin 103- Jt Mengggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) (Studi Kasus: Pt. Petrokimia Gresik Unik Amonia Pabrik I)

Amalia, Zieda (2016) Perancangan Sistem Pemeliharaan Pada Turbin 103- Jt Mengggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) (Studi Kasus: Pt. Petrokimia Gresik Unik Amonia Pabrik I). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
2111100041-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang produksi pupuk, bahan-bahan kimia (H2SO4, H2PO4, CO2, cement retarder, aluminium fluoride) dan jasa lainnya seperti konstruksi. Program pemeliharaan mesin sangat penting untuk kelancaran proses produksi. Data dari Departemen Pemeliharaan 1 unit TA dan Reliabilitas menunjukkan bahwa beberapa subsistem turbin 103-JT sering mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan pada sistem tersebut. Pada peneltian tugas akhir ini, sistem pemeliharaan turbin 103-JT dievaluasi dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) untuk menurunkan tingkat breakdown mesin dan downtime produksi. Solusi yang ditawarkan pada tugas akhir ini adalah dengan melakukan analisa data dari historis kerusakan turbin 103-JT. Kemudian tahap Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) merupakan identifikasi kegagalan dari suatu komponen yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem yang mungkin terjadi. Selanjutnya tahap Fault Tree Analysis (FTA) merupakan metode analisis dengan melakukan analisa kualitatif untuk mengetahui bagian mana dari sistem yang gagal dan perlu dilakukan tindakan perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang ada agar kejadian yang sama tidak terulang. Selanjutnya tahap Logic Tree Analysis (LTA) merupakan diagram alir proses klasifikasi model pemeliharaan yang sesuai sehingga dapat ditentukan kegiatan perancangan perawatan yang tepat pada setiap komponen. Hasil menunjukkan bahwa dari tugas akhir ini penyebab utama kegagalan turbin 103-JT adalah temperatur tinggi pada bearing atau bearing melting. Terdapat 4 kategori maintenance task yang telah durumuskan untuk 12 failure mode yaitu schedule on condition task untuk blade rubbing, labyrinth, scheduled discard task untuk komponen rotor, nozzle, failure finding untuk komponen journal bearing, dan redesign untuk komponen thrust bearing =============================================================================================== PT. Petrokimia Gresik is one of the industries which produce fertilizer, chemicals (H2SO4, H2PO4, CO2, cement retarder, aluminum fluoride) and other services such as constructions. The maintenance program of engine is essential for the fluency of production process. The data from Departemen Pemeliharaan 1unit TA dan Reliabilitas shows some turbine 103-JT subsystems often damage which could cause failures on the system. In this research, maintenance system of turbine 103-JT is evaluated by using Reliability Centered Maintenance (RCM) method to lower the engine breakdown and production downtime level. The solution offered in this thesis is analyzing the data from the damage turbine 103-JT history. Then Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) stage is a failure identification of component which could cause function failure from system that might happens. The next Fault Tree Analysis (FTA) stage is an analysis method by doing qualitative analysis to determine which parts of the system are failed and the necessary of corrective and preventive action based on existing failures in order to prevent the same occurrence repeated. The next Logic Tree Analysis (LTA) stage is a classification process flowchart of appropriate maintenance model so that it can be obtained a proper maintenance design activity on each components. The result of this thesis shows that the major cause of the turbine 103-JT failure is a high temperature on bearing or melting bearing. There are 4 categories of maintenance task which have been defined for 12 failure modes, schedule on condition task for blade rubbing, labyrinth component, scheduled discard task for rotor, nozzle components, failure finding for journal bearing component, and redesign for thrust bearing component

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.004 52 Ama p
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jun 2020 05:36
Last Modified: 08 Jun 2020 05:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76115

Actions (login required)

View Item View Item