Perancangan Sistem Pemeliharaan Pada Turbin 103- Jt Mengggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) (Studi Kasus: Pt. Petrokimia Gresik Unik Amonia Pabrik I)

Amalia, Zieda (2016) Perancangan Sistem Pemeliharaan Pada Turbin 103- Jt Mengggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Rcm) (Studi Kasus: Pt. Petrokimia Gresik Unik Amonia Pabrik I). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2111100041-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100041-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Petrokimia Gresik merupakan salah satu
industri yang bergerak dalam bidang produksi pupuk,
bahan-bahan kimia (H2SO4, H2PO4, CO2, cement
retarder, aluminium fluoride) dan jasa lainnya seperti
konstruksi. Program pemeliharaan mesin sangat penting
untuk kelancaran proses produksi. Data dari
Departemen Pemeliharaan 1 unit TA dan Reliabilitas
menunjukkan bahwa beberapa subsistem turbin 103-JT
sering mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan
terjadinya kegagalan pada sistem tersebut. Pada
peneltian tugas akhir ini, sistem pemeliharaan turbin
103-JT dievaluasi dengan menggunakan metode
Reliability Centered Maintenance (RCM) untuk
menurunkan tingkat breakdown mesin dan downtime
produksi.
Solusi yang ditawarkan pada tugas akhir ini
adalah dengan melakukan analisa data dari historis
kerusakan turbin 103-JT. Kemudian tahap Failure Mode
and Effect Analysis (FMEA) merupakan identifikasi
kegagalan dari suatu komponen yang dapat
menyebabkan kegagalan fungsi dari sistem yang
mungkin terjadi. Selanjutnya tahap Fault Tree Analysis
(FTA) merupakan metode analisis dengan melakukan
analisa kualitatif untuk mengetahui bagian mana dari
sistem yang gagal dan perlu dilakukan tindakan
perbaikan dan pencegahan berdasarkan kegagalan yang
ada agar kejadian yang sama tidak terulang. Selanjutnya
tahap Logic Tree Analysis (LTA) merupakan diagram
alir proses klasifikasi model pemeliharaan yang sesuai
sehingga dapat ditentukan kegiatan perancangan
perawatan yang tepat pada setiap komponen.
Hasil menunjukkan bahwa dari tugas akhir ini
penyebab utama kegagalan turbin 103-JT adalah
temperatur tinggi pada bearing atau bearing melting.
Terdapat 4 kategori maintenance task yang telah
durumuskan untuk 12 failure mode yaitu schedule on
condition task untuk blade rubbing, labyrinth, scheduled
discard task untuk komponen rotor, nozzle, failure
finding untuk komponen journal bearing, dan redesign
untuk komponen thrust bearing
===============================================================================================
PT. Petrokimia Gresik is one of the industries which
produce fertilizer, chemicals (H2SO4, H2PO4, CO2, cement
retarder, aluminum fluoride) and other services such as
constructions. The maintenance program of engine is
essential for the fluency of production process. The data
from Departemen Pemeliharaan 1unit TA dan Reliabilitas
shows some turbine 103-JT subsystems often damage which
could cause failures on the system. In this research,
maintenance system of turbine 103-JT is evaluated by using
Reliability Centered Maintenance (RCM) method to lower
the engine breakdown and production downtime level.
The solution offered in this thesis is analyzing the data
from the damage turbine 103-JT history. Then Failure Mode
and Effect Analysis (FMEA) stage is a failure identification
of component which could cause function failure from
system that might happens. The next Fault Tree Analysis
(FTA) stage is an analysis method by doing qualitative
analysis to determine which parts of the system are failed
and the necessary of corrective and preventive action based
on existing failures in order to prevent the same occurrence
repeated. The next Logic Tree Analysis (LTA) stage is a
classification process flowchart of appropriate maintenance
model so that it can be obtained a proper maintenance
design activity on each components.
The result of this thesis shows that the major cause of
the turbine 103-JT failure is a high temperature on bearing
or melting bearing. There are 4 categories of maintenance
task which have been defined for 12 failure modes, schedule
on condition task for blade rubbing, labyrinth component,
scheduled discard task for rotor, nozzle components, failure
finding for journal bearing component, and redesign for
thrust bearing component

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 620.004 52 Ama p
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Jun 2020 05:36
Last Modified: 08 Jun 2020 05:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76115

Actions (login required)

View Item View Item