Studi pengaruh komposisi formaldehid terhadap hasil sintesis mikrokapsul poli (urea-formaldehid) berisi minyak biji rami sebagai material self-healing coating

Prasetya, Bayu (2020) Studi pengaruh komposisi formaldehid terhadap hasil sintesis mikrokapsul poli (urea-formaldehid) berisi minyak biji rami sebagai material self-healing coating. Masters thesis, Sepuluh Nopember Institute of Technology.

[img] Text
02511850010001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu metode pengendalian korosi yang banyak digunakan adalah coating. Metode ini banyak digunakan karena mudah, biayanya relatif murah, dan dapat diaplikasikan di berbagai jenis lingkungan. Coating dilakukan dengan cara memberikan lapisan pada logam yang akan dilindungi dari korosi. Adanya lapisan tersebut membuat permukaan permukaan logam tidak dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan korosif. Namun coating dapat terkelupas karena bermacam penyebab, seperti faktor fisika, kimia, maupun biotik. Saat ini telah dikembangkan teknologi coating yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri yang dikenal sebagai self-healing coating. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa kemampuan self-healing coating berbasis mikrokapsul dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti morfologi mikrokapsul dan konsentrasi di dalam coating. Pada penelitian ini dibuat coating berbasis mikrokapsul poli (urea-formaldehid) (PUF) berisi minyak biji rami. Komposisi formaldehid divariasikan untuk menganalisis pengaruhnya terhadap morfologi dan ukuran mikrokapsul. Coating disintesis dengan variasi konsentrasi mikrokapsul dan dianalisis kemampuan perlindungan korosi. Dari penelitian yang dilakukan berhasil disintesis mikrokapsul dengan ukuran 114,40 - 148,97 μm. Self-healing coating menunjukkan kemampuan perlindungan korosi yang baik dengan mekanisme penutupan celah coating yang cukup efektif. Kemampuan optimum perlindungan korosi dimiliki oleh sampel dengan rasio formaldehid urea (F/U) 3 dan konsentrasi dalam coating 6 wt% dengan laju korosi 0,0023 mmpy dan efisiensi 99,388 %.. Kata kunci: formaldehid, mikrokapsul, minyak biji rami, poli (urea-formaldehid), self-healing coating.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.74 Corrosion and anti-corrosives
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.9.C57 Coatings
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA491 Metal coating.
T Technology > TP Chemical technology > TP1140 Polymers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 27101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Bayu Prasetya
Date Deposited: 05 Aug 2020 23:51
Last Modified: 05 Aug 2020 23:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77041

Actions (login required)

View Item View Item