Setiawan, Guntara (2020) Pengaruh Laju Aliran (Flowrate) Gas Argon Pada Pengelasan Gtaw Dengan Filler Er 5356, Material Alumunium Hollow 6061 Pada Sasis Nogogeni Dengan Injeksi Gas Argon Pada Bagian Dalam Hollow. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
10211600000071-Non_Degree.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pada tahun 2018 tim Nogogeni ITS mengikuti perlombaan mobil hemat energi, Shell Eco-Marathon Asia (SEM-A). Tim NOGOGENI berpartisipasi dalam kategori Urban Concept – Battery Electric yang diselengarakan di Sepang, Malaysia, NOGOGENI pada perlombaan ini mendapatkan juara 2 tingkat asia. Pada saat perlombaan sasis NOGOGENI mengalami cracking pada sambungan las.
Dalam pembuatan mobil sasis merupakan hal terpenting dalam hal stabilitas dan harus mampu menopang semua beban yang ada pada kendaraan, sehingga diperlukan pengelasan yang benar pada sambungan sasis agar tidak terjadi cracking pada sambungan las ketika mobil diberi beban. Material sasis yang digunakan adalah alumunium alloys hollow 6061 T6 dan filler ER 5053 dengan diameter 1,6 mm yang digunakan dengan jenis las GTAW. Pada penelitian ini gas yang digunakan yaitu gas argon. Flowrate yang digunakan yaitu 15cfh, 25cfh, 35cfh. Elektroda yang digunakan yaitu tungsten murni dengan diameter 1,6 mm dan arus yang digunakan 28 Ampere
Pengujian yang digunakan adalah uji NDT radiografi dan uji tarik. Rata – rata uji tarik yang diperoleh pada variasi 15cfh sebesar 116,13 Mpa, pada variasi 25cfh sebesar 118,18 Mpa, sedangkan pada variasi 35cfh sebesar 125,02 Mpa. Pada hasil uji NDT hampir tidak terdapat cacat pada lasan. Semakin besar flowrate yang digunakan semakin besar nilai yang didapat
===================================================================================================================
In 2018 the ITS Nogogeni team entered the energy-efficient car race, Shell Eco-Marathon Asia (SEM-A). The NOGOGENI team participated in the Urban Concept - Battery Electric category held in Sepang, Malaysia, NOGOGENI in this competition won 2nd place on the Asian level. During the race race, NOGOGENI cracked the welded joint.
In making a chassis car is the most important thing in terms of stability and must be able to sustain all the burden on the vehicle, so that the correct welding of the chassis connection is needed to prevent cracking of the welding connection when the car is loaded. The chassis material used is hollow aluminum alloys 6061 T6 and ER 5053 fillers with a diameter of 1.6 mm which are used with GTAW welding types. In this study the gas used is argon gas. Flowrate used is 15cfh, 25cfh, 35cfh. The electrodes used are pure tungsten with a diameter of 1.6 mm and the current used is 28 Amperes.
The test used is the NDT radiographic test and tensile test. The average tensile test obtained in the variation of 15cfh was 116.13 MPa, in the 25cfh variation was 118.18 MPa, while in the variation of 35cfh it was 125.02 MPa. In the NDT test results there were almost no defects in the welds. The greater the flowrate used the greater the value obtained.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelasan GTAW, gas Flowrate Argon, alumunium 6061,GTAW welding, Argon Flowrate gas |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures T Technology > TS Manufactures > TS227 Welding. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Guntara Setiawan |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 03:17 |
Last Modified: | 28 May 2023 16:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/77212 |
Actions (login required)
View Item |