Rancang Bangun Alat Bantu Navigasi untuk Tunanetra Menggunakan Sensor RGB-D

Sintara, Julius (2020) Rancang Bangun Alat Bantu Navigasi untuk Tunanetra Menggunakan Sensor RGB-D. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TA_07111640000100_new.pdf]
Preview
Text
TA_07111640000100_new.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyandang tunanetra dalam kesehariannya memiliki kesulitan untuk berjalan di tempat yang asing bagi mereka. Kesulitan ini terutama dalam hal spasial, yaitu memperkirakan medan jalan dan menghindari rintangan yang menghalangi langkah mereka. Agar penyandang tunanetra dapat berjalan mandiri, maka mereka membutuhkan alat bantu navigasi.
Alat bantu navigasi ini dirancang menggunakan sensor RGB-D (Red Green Blue + Depth) untuk menangkap informasi visual di sekitar penggunanya. Informasi visual ini kemudian diolah dan diubah dalam bentuk informasi audio stereo sehingga dapat diinformasikan kepada tunanetra melalui indera pendengarannya. Alat bantu ini juga dirancang agar mudah dibawa dan digunakan (portable), nyaman digunakan sehari-hari tanpa menganggu keseharian (comfortable), dan mudah digunakan sehingga penyandang tunanetra dapat menyesuaikan diri dengan mudah dan cepat (easy to use). Selain itu informasi yang didapatkan dari sensor RGB-D memungkinkan untuk pengembangan dan penambahan fitur lain sesuai dengan kebutuhan tunanetra.
Dari rancangan wearable device, alat dipasangkan pada subjek tunanetra dan mendapatkan penilaian yang tinggi untuk tingkat portability, comfortability, dan ease of use dari alat bantu navigasi ini. Dari segi fungsionalitas alat, didapatkan hasil pengujian subjek tunentra dapat mendeteksi posisi dari rintangan di depan mereka dengan akurasi 92.47% dan memperkirakan jarak terhadap objek tersebut dengan MAE sebesar 0.8. Untuk pengujian dalam bernavigasi, dengan menggunakan alat ini subjek tunanetra dapat berhenti sebelum terjadi tabrakan dengan rintangan di depannya, dan melewati celah di antara dua buah rintangan yang cukup untuk dilewatinya.
====================================================================================================
People with visual impairment in their daily lives face difficulties to walk in unfamiliar places to them. This problem mainly caused by their lack of spatial awareness, i.e. the ability to estimate the distance between themselves and their surroundings. In order for visually impaired people to navigate independently, an effective navigation aid is required.
The proposed navigation aid device utilizes depth camera to collect visual information of surrounding objects. Then, it represents the obtained visual data into stereophonic sound to notify the user directly through an audio device. The aid device is designed to be portable, comfortable, and easy to use. It can further be developed and upgraded to suit the needs of visually impaired users.
Designed to be wearable, this proposed device was tested and received good score in portability, comfortability, and ease of use. The subjects were able to detect the position of obstacles in front of them with 92.47% accuracy, and could also estimate the distance of the object with Mean Absolute Error of 0.8. Examination on their navigation ability indicated that the subjects could stop before collision with an object and manoeuvre through the gap between two parallel obstacles.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: alat bantu navigasi, audio stereo, kamera kedalaman, teknologi asistif, tunanetra, assistive technology, depth camera, navigation aid, stereo audio, visual impairment
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7878 Electronic instruments
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7888.3 Digital computers
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Julius Sintara
Date Deposited: 03 Sep 2020 22:02
Last Modified: 07 Jun 2023 05:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/77812

Actions (login required)

View Item View Item