Nadia, Clarissa Xaviera (2020) Pengaruh Penerapan Internal Marketing Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat BLUD Non PNS Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Soedono Madiun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111640000019-Undergraduate_Thesis.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
RSUD dr. Soedono Madiun merupakan Rumah Sakit Umum Daerah milik Provinsi Jawa Timur dan merupakan rumah sakit rujukan regional yang menyediakan berbagai layanan kesehatan. Sebagai badan layanan umum yang berfokus untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik pada masyarakat, RSUD dr. Soedono melakukan pengangkatan pegawai tidak tetap BLUD Non PNS dengan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu, hal ini ditujukan untuk dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan rumah sakit serta untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja. Sebagian besar dari pegawai tidak tetap ini merupakan perawat ruang rawat inap, dan berkaitan dengan tujuan dari pengangkatan tersebut, hasil survey kepuasan pelanggan/pasien dan hasil penilaian kinerja perawat BLUD Non PNS ruang rawat inap menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik, rumah sakit perlu untuk memperhatikan kepuasan kerja perawat BLUD Non PNS yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka. Upaya rumah sakit dalam meningkatkan kepuasan kerja pegawainya dapat dilihat dengan sejauh mana diterapkannya internal marketing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dari penerapan internal marketing terhadap kepuasan kerja dan kinerja perawat BLUD Non PNS ruang rawat inap di RSUD dr. Soedono Madiun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 64 orang perawat. Kemudian data diolah dengan menggunakan software SPSS dan smartPLS dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa internal marketing berpengaruh secara positif terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja, dan internal marketing berpengaruh positif terhadap kinerja perawat BLUD Non PNS ruang rawat inap di RSUD dr. Soedono Madiun. Terdapat sejumlah implikasi manajerial yang dapat digunakan rumah sakit sebagai referensi dalam meningkatkan kinerja perawat mereka.
=============================================================================================
RSUD dr. Soedono Madiun is a Regional Public Hospital owned by East Java Province and is a regional referral hospital that provides various health services. As a public service that focuses on providing the best health services to the community, RSUD dr. Soedono appoints non-permanent employees/BLUD Non PNS with work agreements/contract for a certain period of time with the aim to be able to improve the performance and service of the hospital and to meet the needs of the workforce. Most of these non-permanent employees are inpatient nurses, and related to the purpose of the appointment of non-permanent employees, the results of the customer/patient satisfaction survey and the results of the performance evaluation of non-permanent inpatient nurses showed less maximum results. To be able to provide the best health service, the hospital need to give more attention to the job satisfaction of non-permanent nurses who are expected to improve their performance. The hospital's efforts in increasing employee job satisfaction can be seen by the extent to which internal marketing is applied. Therefore, this study aims to analyze the relationship of the implementation of internal marketing to job satisfaction and the job performance of non-permanent inpatient nurses (BLUD Non PNS) of RSUD dr. Soedono Madiun. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to 64 nurses. Then the data is processed using SPSS software and smartPLS software with Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The findings of this study are: internal marketing has a positive effect on job satisfaction, job satisfaction has a positive effect on performance, and internal marketing has a positive effect on the performance of inpatients nurses (BLUD Non PNS) of RSUD dr. Soedono Madiun. There are numbers of managerial implications that RSUD dr. Soedono can use as a reference in improving the performance of their inpatient nurses.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internal marketing, kepuasan kerja, kinerja, Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549 Job analysis. Personnel management. Employment management |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Clarissa Xaviera Nadia |
Date Deposited: | 13 Aug 2020 02:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 14:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/77867 |
Actions (login required)
View Item |