PERANCANGAN RUANG LUAR DAN STREETSCAPE JALAN MAYJEN SUNGKONO SURABAYA DENGAN PENDEKATAN VISUAL CONNECTION WITH NATURE

Akromi, Lanta Kautsar (2020) PERANCANGAN RUANG LUAR DAN STREETSCAPE JALAN MAYJEN SUNGKONO SURABAYA DENGAN PENDEKATAN VISUAL CONNECTION WITH NATURE. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111850030003-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111850030003-Master_Thesis.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Manusia dan lingkungan alam, manusia dan lingkungan buatan tentunya tidak lepas dari hubungan yang saling bergantung satu sama lain, Persepsi manusia terhadap lingkungan alam dan lingkungan buatan memberikan perbedaan dalam merasakan pesan visual. Jalan-jalan perkotaan merupakan lingkungan buatan yang memiliki kekuatan untuk membangun persepsi, namun beragamnya regularisasi jalan perkotaan belum memperhatikan kepentingan tersebut dan hanya memperhatikan fungsinya saja. Oleh karena itu sulit bagi masyarakat untuk merasakan arti penting visual jaringan jalan perkotaan sebagai pemahaman terhadap sebuah kota. Perancangan ruang luar dan Streetscape (Wajah Jalan) menyatakan pentingnya setiap orang mengalami kota melalui jalan-jalannya. Visual connection with nature merupakan pendekatan desain yang digunakan pada penelitian ini karena memberikan keterlibatan visual secara langsung terhadap elemen alam dan elemen buatan pada lingkungan perkotaan.
Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis dengan strategi penelitian ini menggunakan kombinasi (Combine Strategy) qualitative dan quantitative dan taktik two phase design. Taktik pengumpulan data penelitian ini menggunakan taktik partisipan observasi, in-depth interview, dan kuisioner skala likert dengan taktik convenience anncidental random sampling. Untuk taktik Analisa data penelitian ini memakai taktik miles & huberman pada analisa kualitatif dan statistik deskripsi pada analisa kuantitatif, serta pada penentuan konsep perancangan kota menggunakan metode (RIBA) Royal Institute of British Architects.
Hasil pada penelitian ini adalah massa bangunan tinggi pada koridor jalan memberikan visual engagement (keterlibatan visual) pada pengguna jalan raya yaitu pengemudi kendaraan dan pejalan kaki secara serial vision dengan memberikan kriteria dan konsep perancangan pada setiap sequence segmen jalan dengan memberikan landmark, penyesuaian regulasi, keamanan pengguna jalan dan penguatan ruang bersama sehingga dapat dinikmati sebagai peningkatan kualitas visual oleh pengguna jalan raya.=====================================================
Humans and the natural environment, humans and the built environment certainly can not be separated from interdependent relationships with each other, human perception of the natural environment and the built environment gives a difference in feeling the visual message. Urban roads are built environments that have the power to build perceptions, but the variety of regularization of urban roads does not pay attention to these interests and only pay attention to their functions. Therefore it is difficult for people to feel the visual importance of the urban road network as an understanding of a city. The design of the open space and streetscape states the importance of everyone experiencing the city through its streets. Visual connection with nature is a design approach used in this study because it provides direct visual involvement of natural and artificial elements in the urban environment.
This study uses a post-positivist paradigm with research strategy using a combination of qualitative and quantitative combines and two-phase design tactics. The data collection tactics of this study used participant observation tactics, in-depth interviews, and Likert scale questionnaires with convenience anncidental random sampling tactics. Data analysis tactics this study uses miles & huberman tactics in qualitative analysis and descriptive statistics in quantitative analysis, as well as in determining the concept of urban design using the Royal Institute of British Architects (RIBA) method.
The results of this research are to identify building mass that provide visual engagement to vehicle driver’s and pedestrians with serial vision by make a criteria and designing each sequence of the road segment with design the landmark, regulatory adjustment, safety the users and strengthening of shared space that can be enjoyed as an increase in visual quality by street users.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan buatan dan Alami, Streetscape, Visual Engagement,Nature and Built Environment, Streetscape, Visual engagement.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Lanta Kautsar Akromi
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:31
Last Modified: 10 Jun 2023 13:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78086

Actions (login required)

View Item View Item