Visualisasi Data Pada Sistem Monitoring Kolam Tambak Udang Berdasarkan Suhu, PH, Dan DO (Dissolved Oxygen) Berbasis IoT

Wulandari, Retno (2020) Visualisasi Data Pada Sistem Monitoring Kolam Tambak Udang Berdasarkan Suhu, PH, Dan DO (Dissolved Oxygen) Berbasis IoT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07211640000003-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
07211640000003-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kualitas air merupakan faktor utama yang menjadi penentu kelangsungan hidup udang yang juga akan berpengaruh terhadap produksi udang. Di dalam air terdapat kandungankandungan yang bermanfaat sekaligus berbahaya bagi hidup udang. Untuk mengetahui kandungan-kandungan yang terdapat pada air di kolam udang, telah banyak dilakukan pengembangan terhadap perangkat untuk memantau keadaan air di kolam udang. Sebelumnya telah dikembangkan sebuah sistem monitoring berupa aplikasi untuk melakukan monitoring pada tambak. Namun sistem monitoring yang dikembangkan hanya mampu mendeteksi nilai pada suatu titik sehingga belum bisa melihat keadaan kolam secara menyeluruh. Oleh karena itu, pada penelitian Tugas Akhir ini dikembangkan sistem untuk monitoring keadaan kolam tambak secara menyeluruh kemudian memvisualisasikan hasil monitoring ke dalam sebuah aplikasi. Penelitian ini dilakukan dengan meletakkan sensor pada beberapa titik yang telah disusun. Kemudian setiap susunan akan mengirimkan data ke dalam database untuk disimpan hingga akhirnya diolah kemudian ditampilkan ke dalam aplikasi. Aplikasi yang dibuat telah mampu menampilkan monitoring kolam ke dalam enam bagian dengan masing-masing parameter. Dari hasil pengujian didapatkan akurasi alat dari proses kalibrasi sebesar 95.21676% untuk sensor suhu dan 99.79013% untuk sensor pH. Selain itu penggunaan kabel panjang pada pengujian mendapatkan akurasi sebesar 99.38381% untuk sensor suhu dan 99.90461% untuk sensor pH.
=====================================================================================================
Water quality is a major factor determining the survival of shrimp which will also affect shrimp production. In the water there are contents that are both beneficial and harmful to shrimp life. To find out the contents contained in the water in shrimp ponds, many developments have been made to the device to monitor the state of water in shrimp ponds. Previously, a monitoring system had been developed in the form of an application to monitor ponds. However, the monitoring system that was developed was only able to detect a value at a point so that it could not see the overall state of the pond. Therefore, in this final project research was developed a system for monitoring the condition of ponds as a whole and then visualizing the results of monitoring into an application. This research was conducted by placing sensors at several points that have been arranged. Then each arrangement will send data into the database to be stored until finally processed and then displayed into the application. The application made has been able to display monitoring ponds into six sections with each parameter. From the test results obtained by the accuracy of the calibration tool of 95.21676% for temperature sensors and 99.79013% for pH sensors. In addition, the use of long cables in testing get an accuracy of 99.38381% for temperature sensors and 99.90461% for pH sensors.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tambak Udang, Visualisasi Pemetaan Kolam, Monitoring Kualitas Air, IoT, Shrimp Pond, Pond Mapping, Water Quality Monitoring
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Computer Engineering > 90243-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Retno Wulandari
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:14
Last Modified: 10 Jun 2023 14:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78549

Actions (login required)

View Item View Item