Pusat Perdagangan Kampung Nelayan Dengan Pendekatan Regionalisme

Zahra, Fatima (2020) Pusat Perdagangan Kampung Nelayan Dengan Pendekatan Regionalisme. Other thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 08111640000088-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111640000088-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kota surabaya adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Timur, Indonesia sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar yang ada di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia setelah Jakarta. Terletak di pantai utara pulau jawa bagian timur dan berhadapan dengan selat madura serta laut jawa. Memiliki luas sekitar 350,54 km dengan penduduknya kurang lebih 3 juta jiwa. Satu satunya pantai, yaitu pantai kenjeran yang menjadi kebanggaan para warganya. Selain dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap pantai ini juga banyak diminati wisatawan karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.
Pinggiran Pantai Kenjeran memiliki beberapa perkampungan, salah satunya kampung nelayan, sebuah kampung yang mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan. Kampung nelayan sendiri terletak di pesisir kenjeran Surabaya, salah satunya di kecamatan Bulak Surabaya. Saat kita melintasi area perkampungan ini maka kita akan disuguhkan lanskap pesisir Surabaya dan juga aktifitas para nelayan. Sekitar kampung nelayan memiliki sentra ikan bulak yang diharapkan menjadi ikon baru Surabaya, namun dalam kondisi yang ada sekarang Sentra Ikan bulak justru sepi dari pengunjung dan pembeli dikarenakan mahalnya harga sewa yang ahirnya mempengaruhi harga ikanya tersebut.
Semua kegiatan pariwisata yang di lakukan di kampung nelayan, Sentra Ikan bulak dan juga di taman suroboyo sebenarnya sangat dapat dikembangkan kembali dan berpotensi untuk menarik pengunjung agar dapat menguntungkan warga sekitarnya.

Kata Kunci : Pantai Kenjeran, Kampung Nelayan, Regionalisme, Kota Surabaya

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSA 725.21 Zah p-1 • Zahra, Fatima
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC108 Market surveys.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.127 Market segmentation. Target marketing
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fatima Zahra
Date Deposited: 20 Aug 2020 07:13
Last Modified: 23 Jun 2023 08:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/78608

Actions (login required)

View Item View Item