Strategi Penetapan Harga Pada Retailer Dengan Mempertimbangkan Batasan Kapasitas Penjualan: Sebuah Pendekatan Agent-Based Modeling

Pramudita, Rifqi Jalu (2020) Strategi Penetapan Harga Pada Retailer Dengan Mempertimbangkan Batasan Kapasitas Penjualan: Sebuah Pendekatan Agent-Based Modeling. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02411850033042-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pricing (penetapan harga) merupakan salah satu cara perusahaan untuk dapat berkompetisi di pasar. Efektivitas strategi pricing di level retailer dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya perilaku pemasok/supplier, kompetisi antar retailer, perilaku konsumen dan format retailer yang mempengaruhi kapasitas penjualan. Retailer perlu menggunakan strategi pricing yang tepat berdasarkan format ritel/kapasitas penjualan mereka karena stock-out dapat terjadi jika retailer tidak memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan promosi. Jika stock-out terjadi dalam jumlah yang signifikan, maka dapat mempengaruhi kemampuan supply chain (supplier-retailer) dalam memenuhi kebutuhan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kompetisi retailer dengan kapasitas dan strategi promosi yang berbeda terhadap profit, penjualan dan lost sales retailer, pendapatan pemasok, dan supply chain fill rate terhadap permintaan pasar. Pendekatan agent-based modeling digunakan untuk memodelkan kompleksitas interaksi antar faktor yang berpengaruh di lingkungan yang kompetitif dengan perilaku masing-masing agent yang heterogen. Tiga jenis agent akan dimodelkan dalam studi ini, yaitu dua retailer yang berkompetisi, satu pemasok, dan ratusan konsumen. Barang yang ditransaksikan dalam model tersebut direpresentasikan sebagai produk dengan varian khusus yang memenuhi kebutuhan spesifik konsumen dan digunakan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi high-shallow selalu memberikan performa retailer tertinggi. Sedangkan pendapatan pemasok dan supply chain fill rate memiliki hasil yang berbeda-beda tergantung kapasitas dan strategi promosi yang retailer gunakan. Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan data bagaimana strategi promosi dengan potongan harga dan frekuensi berbeda berpengaruh pada persediaan retailer dan performa supply chain yang belum dipertimbangkan dalam literatur yang dikaji pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Retailer Pricing, Promotion, Retail Capacity, Agent-Based Simulation, Consumer Preference, Supply Chain, Penetapan Harga, Promosi, Kapasitas, Simulasi Berbasis Agen, Preferensi Konsumen, Rantai Pasok
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
H Social Sciences > HF Commerce > HF5416.5 Pricing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Rifqi Jalu Pramudita
Date Deposited: 01 Sep 2020 02:14
Last Modified: 01 Sep 2020 02:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79119

Actions (login required)

View Item View Item