ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERFORMA SISTEM E-GOVERNMENT LINTAS ORGANISASI PADA INSTANSI PEMERINTAH DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING

Putri, Nidia (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERFORMA SISTEM E-GOVERNMENT LINTAS ORGANISASI PADA INSTANSI PEMERINTAH DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000033_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000033_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konteks: Penerapan sistem e-Government lintas organisasi menjadi salah satu instrumen pemerintah untuk membantu menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu adanya sistem e-Government lintas organisasi mempengaruhi organisasi untuk dapat memberikan performa pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta mencapai tujuan bersama antar organisasi dalam meningkatkan kualitas layanan secara efektif dan efisien.
Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap performa sistem e-Government lintas organisasi untuk dapat membantu meningkatkan layanan kepada masyarakat serta resiko kolaborasi sistem antar organisasi dapat timbul karena adanya perbedaan budaya kerja, kebutuhan teknologi, dan lingkungan. Sehingga dapat mempengaruhi performa sistem e-Government lintas organisasi.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan faktor-faktor yang dapat memengaruhi performa sistem e-Government lintas organisasi pada Pemkot Surabaya serta dapat memberikan saran untuk mengembangkan performa sistem e-Government lintas organisasi berdasarkan faktor yang berpengaruh secara signifikan dengan memperhatikan faktor teknis, manajerial/organisasional, dan institusional/antar organisasi.
Metode: Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner yang telah dibuat dan tervalidasi dengan cara mendatangi langsung responden pada pengguna yang ada di Dinas-dinas Pemkot Surabaya. Metode pengelolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS).
Hasil: Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah kualitas informasi memengaruhi performa efisiensi dengan terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=1.867 serta memengaruhi performa akuntabilitas dengan terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=2.222 pada sistem e-Government lintas organisasi. Kualitas sistem informasi memengaruhi performa efektivitas, terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=2.824 dan memengaruhi performa accountability terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=2.093. Budaya organisasi yang berpusat pada warga dan inovasi memengaruhi performa efektivitas, terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=3.687 dan memengaruhi performa efisiensi terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=2.547 sebesar serta memengaruhi performa akuntabilitas terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=3.826. Dukungan prosedur administrasi memengaruhi performa akuntabilitas, terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=2.191. Kepercayaan antar organisasi pada pertukaran informasi memengaruhi performa efficiency terbukti signifikan secara statistik sebesar γ= 1.744. Tujuan bersama memengaruhi performa efisiensi terbukti signifikan secara statistik sebesar γ=1.652.
Nilai Tambah: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu perusahaan dalam mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mepengaruhi performa sistem e-Government lintas organisasi dan mendapatkan saran sebagai upaya untuk meningkatkan performa e-Government lintas organisasi. Selain itu penelitian ini dapat digunakan untuk implementasi dan pengembangan model pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Government; Performa; Partial Least Square; Kolaborasi Sistem;
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nidia Avisyah Putri
Date Deposited: 21 Aug 2020 06:59
Last Modified: 12 May 2023 04:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79236

Actions (login required)

View Item View Item