DESAIN KAPAL WISATA HIBRIDA BERBAHAN DASAR HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) UNTUK KEPULAUAN KARIMUNJAWA

Bagaskara, Gusti Caesar Bagaskara (2020) DESAIN KAPAL WISATA HIBRIDA BERBAHAN DASAR HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE) UNTUK KEPULAUAN KARIMUNJAWA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111640000069-Undergraduate Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kepulauan Karimunjawa ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional Indonesia pada tahun 2001 dan memiliki potensi wisata laut yang sangat besar. Namun, kapal wisata yang beroperasi di Kepulauan Karimunjawa masih sedikit dan masih menggunakan kapal nelayan untuk perjalanan wisata di Kepulauan Karimunjawa. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengurangi penggunaan kayu pada pembuatan kapal serta pemanasan global akibat penggunaan bahan bakar fosil maka dilakukan perancangan kapal hibrida berbahan dasar HDPE yang mempunyai tiga sumber daya utama energi terbarukan yakni angin (Vertical Axis Wind Turbines), sinar matahari (Photovoltaic Panel) dan juga gas hidrogen (Fuel Cell) yang diproduksi On-Board dari air laut. Ketebalan plat HDPE lambung kapal sebesar 21 mm, lebih tebal apabila dibanding dengan menggunaan baja yaitu sebesar 5,3 mm untuk ukuran kapal yang sama. Dari hasil analisis menggunakan metode forecasting dari jumlah kunjungan wisatawan di Kepulauan Karimunjawa dan dikurangi dengan kapasitas penumpang yang telah dimuat oleh kapal existing di Kepulauan. Karimunjawa. Kemudian didapatkan payload sebanyak 55 orang. Ukuran utama kapal adalah Lpp = 15 m; B = 4.6 m; H = 2 m; T = 1.1 m dengan kecepatan 8 knot dengan rute Pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Cemara Besar, kapal dapat berlayar pada tinggi gelombang 1 meter diatas 3 jam dengan nyaman. Berdasarkan analisis ekonomis yang dilakukan maka didapatkan harga tiket wisata ketika peak season saat weekday adalah Rp 75.000 dan weekend Rp 95.000, sedangkan untuk low season saat weekday RP 45,000 dan weekend sebesar Rp 65,000, dengan payback period selama 10 tahun 20 hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE566.S3 Sailing ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gusti Caesar Bagaskara
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:01
Last Modified: 24 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79586

Actions (login required)

View Item View Item