Analisis Perancangan Sistem Power dan Komponen Drivetrain Mobil Toyota Calya Bertenaga Listrik

Auliya, Putri Nabila (2020) Analisis Perancangan Sistem Power dan Komponen Drivetrain Mobil Toyota Calya Bertenaga Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111640000091-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111640000091-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin inovatif khususnya pada bidang kendaraan. Pada tahun 2018, berdasarkan hasil data dari Badan Pusat Statistik sebanyak 146.858.759 kendaraan bermotor di Indonesia. Salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia ialah Toyota Calya. Dikutip dari GAIKINDO 2020 terdapat 42,000 unit lebih mobil Calya yang berhasil dijual pada tahun 2019. Besarnya tingkat penggunaan mobil tersebut berdampak buruk bagi lingkungan karena kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas CO2 dan menimbulkan efek rumah kaca sehingga dibutuhkan inovasi kendaraan dengan energi bersih seperti kendaraan penumpang bertenaga listrik.
Pada tugas akhir ini terdapat tiga tahapan, yakni tahapan pengambilan data, kedua ialah tahap perhitungan, dan yang ketiga ialah tahap analisa terhadap sostem transmisi dan sistem tenaga dari mobil Calya bertenaga listrik. Untuk tahap pengambilan data, diambil data karakteristik torsi dan power dari mobil Calya berbahan bakar bensin sehingga diketahui kecepatan maksimum dan sudut tanjak maksimum sebagai acuan desain. Pada tahap perhitungan yang dilakukan adalah perhitungan gaya hambat berupa gaya hambat aerodinamis, rolling, dan gradien, kemudian dilakukan dilakukan perhitungan spesifikasi motor. Setelanjutnya dilakukan perhitungan rasio transmsi yang digunakan, perhitungan karakterstik traksi, karakteristik power, konsumsi energi, kebutuhan energi baterai, center of gravity, dan nilai slip dan skid kendaraan listrik. Langkah akhir ialah tahap analisa yang digunakan yaitu analisa terhadap karakteristik traksi dan karakteristik power yang didapat dari tahap perhitungan, juga perilaku belok kendaraan terhadap center of gravity yang didapat.
Hasil akhir yang didapat darii penelitian ini adalah rasio dan tingkat transmisi pada mobil Calya bertenaga listrik memiliki 2 tingkat kecepatan dengan rasio pertama 1.83 dan rasio kedua 0.707. Dari karakteristik traksi dan karakteristik power dari mobil Calya bertenaga listrik, didapatkan kemampuan tanjak maksimum kendaraan sebesar 30o dan dapat menempuh kecepatan maksimum sebesar 136 km/jam. Adapun motor yang digunakan ialah tipe motor BLDC HVH250-90 60 kW. Nilai konsumsi energi kendaraan listrik yang didapat sebesar 0.431 kWh/km sedangkan kendaraan Toyota Calya bensin bernilai 0.539 kWh/km. Baterai yang digunakan untuk dapat menempuh minimum 85 km ialah baterai Li-ion Polymer dengan energi 39 kWh. Berdasarkan perilaku belok kendaraan, konfigurasi kendaraan listrik dengan nilai center of gravity a=1.345 m dan b=1.180 m memiliki batas kecepatan maksimum skid lebih besar dan berdasarkan nilai koefisien understeer cenderung sedikit mengalami understeer sehingga lebih aman dikendarai.
========================================================================================================================The development of science and technology, especially in vehicle study, increase innovatively. In 2018, based on Badan Pusat Statistik data, there were 146,858,759 conventional vehicle in Indonesia.One of the most vehicle widely used, especially Indonesian, is Toyota Calya. Based on GAIKINDO 2020, there are 42,000 more units of Toyota Calya that were successfully sold in the end of 2019. The high level of using conventional vehicle has a negative impact on the environment because of producing CO2 gas emissions. So the innovation in clean energy vehicle such as electric vehicle is needed.
In this study, there are three stages, first is phase of data collection, the second is the calculation phase, and the third is analysis of the transmission and power system of electric-powered Toyota Calya. For the data collection stage, torque and power data is obtained from Toyota Calya Internal Combustion Engine (ICE) dynotes so that the maximum speed and maximum climb-ability are identified as the design reference. In calculation stage, the resistant force is calcuated as aerodynamic, rolling, and gradient force. Then the motor needed is calculated and selected. Next the transmission ratio used is calculated so the traction and power characteristic, energy consumption,battery energy, center of gravity, and value of slip and skid.
The desired final result from this study is the transmission ratio and stage used for the electric-powered Toyota Calya having two levels of speed with first ratio of 1.83 and second ratio of 0.707. From the traction and power characteristic of the electric-powered Toyota Calya, the maximum climb-ability of vehicle is 30o and can reach maximum speed of 136 km/hour. The motor used is the BLDC motor HVH250-90 60 kW. The value of energy consumption of electric vehicle obtained is 0.431 kWh/km while the Toyota Calya ICE is 0.539 kWh/km. The minimum battery energy amount to reach 85 km is a Li-ion Polymer battery with 39 kWh of energy. The best configuration of electric car with a center of gravity with value of a=1.345 m and b=1.180 m has a higher value of maximum skid speed limit and lower value of understeer coefficient so the turning condition behavior tend to be slightly understeer, making it safer to drive.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: mobil listrik, transmisi, konsumsi energi, center of gravity, electric car, transmission, energy consumption
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Putri Nabila Auliya
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:55
Last Modified: 11 Jun 2023 13:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/79644

Actions (login required)

View Item View Item