Handayani, Dwi (2020) Penentuan Tarif D-Parking Dengan Pembatas Kapasitas Berdasarkan Sistem Reservasi Dengan Mempertimbangkan Perubahan Moda Transportasi Pada Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh November.
Preview |
Text
02411850030001-Master_Thesis.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan beberapa keuntungan bagi masyarakat, termasuk transaksi tanpa uang tunai (cashless). Hal ini digunakan oleh pemerintah Sidoarjo untuk mengganti sistem parkir berlangganan ke parkir digital karena banyaknya kritik dari masyarakat mengenai sistem parkir yang lama karena dianggap memiliki kualitas yang buruk dengan harga yang mahal. Selain itu, pendapatan parkir tahunan hanya 21 Miliar Rupiah sedangkan potensi pendapatan dari parkir sebesar 102 Miliar Rupiah. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah adalah dengan transparansi menggunakan parkir digital. Penerapan parkir digital harus dipertimbangkan dengan baik untuk maksimasi pendapatan sehingga dibutuhkan tarif parkir yang optimal. Perubahan moda transportasi juga dipertimbangkan untuk penggunaa mobil dan sepeda motor hanya untuk perpindahan ke online channel (pakir digital) untuk mengetahui preferensi customer saat terjadi perubahan harga terhadap kedua channel . Maka dari itu, nantinya akan ada dua tarif parkir untuk online (parkir digital) dan offline channel (parkir tradisional). Penentuan tarif parkir menggunakan pedekatan game theory yaitu pendekatan matematis untuk merumuskan strategi yang melibatkan para pengambil keputusan yang terdiri atas Stackelberg Leadership dan Vertical Nash. Kemudian, hasil yang akan dipilih adalah skema yang memberikan banyak keuntungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Skenario Vertical Nash yang memberikan profit paling banyak dengan jumlah Rp 1.243.149 dengan demand online channel lebih banyak daripada offline channel dan harga online channel lebih murah daripada offline channel.======================================================== The advancement of Information and Communication Technology (ICT) has been providing some advantages for the community, including a cashless payment system. This is used by the Sidoarjo government to replace subscription parking to the digital one due to criticisms from society. Most people agree that the old parking mode is poor quality and expensive. However, the annual revenue of parking was only 21 Billion Rupiahs in which is far below from the targeted 102 Billion Rupiahs. Therefore, for transparency, the parking should be digitalized for increasing the regional income. However, the implementation of digital parking should be organized well to maximize a income through parking rates. The shifting transportation mode to the online has to be limited in the cars and motorcycles usage to understand the public’s preference. Therefore, parking prices will be determined by two ways including online channel and offline channel. Both of them apply game theory, a mathematical approach to formulate a strategy involving decision-makers. This scheme is Stackelberg Leadership and Vertical Nash. Then, the results obtained will be utilized for determining the best scenario providing much profit. The results show that the Vertical Nash Scenario which provides the most of Rp 1,243,149 with more online channel demand than offline channels and online channel prices are cheaper than offline channels
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dual Channel, Parkir, Penetapan Harga, Profit, Parking, Pricing Decision, Game Theory |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP H Social Sciences > HF Commerce > HF5416.5 Pricing |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Dwi Handayani |
Date Deposited: | 20 Aug 2020 07:55 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/79677 |
Actions (login required)
View Item |