RANCANG BANGUN ALAT UKUR KETINGGIAN AIR LAUT DENGAN MENGGUNAKAN MODUL SENSOR GY 86

Chaniago Ramadhan, Dennis (2020) RANCANG BANGUN ALAT UKUR KETINGGIAN AIR LAUT DENGAN MENGGUNAKAN MODUL SENSOR GY 86. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
0421164000067_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan ketinggian air laut merupakan pergerakan yang sangat dinamis. Perubahan tersebut dipengaruhi adanya gelombang air laut yang disebabkan oleh pergerakan angin dan juga aktivitas pasang surut air laut yang disebabkan oleh gaya gravitasi bulan dan matahari. Pergerakan air laut sangatlah erat dengan masyarakat dalam berbagai bidang seperti bidang geologi, biologi, transportasi serta energi. Untuk mendapatkan manfaat dari pergerakan air laut diperlukan data untuk analisa lebih lanjut. Data diperoleh dari sebuah alat ukur yang diletakkan langsung di permukaan (in-situ). Tetapi alat ukur yang ada di pasaran sangatlah mahal dan tidak fleksibel. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain alat ukur ketinggian air laut yang memiliki nilai ekonomis serta fleksibel dalam penggunaan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan perubahan tekanan atmosfir untuk mengukur ketinggian. Selain menggunakan sensor barometer, alat ukur ini juga dilengkapi dengan sensor temperatur udara dan air. Desain alat ukur ini dibagi menjadi beberapa system yaitu system penginderaan, sistem komunikasi, serta sistem catu daya. Beberapa komponen dalam sistem penginderaan adalah GY86, GPS Neo 6MV2, Water Sensor DS18B20, dan Power Sensor INA219. Untuk komponen komunikasi menggunakan dua buah modul radio NRF24L01 dan aplikasi Visul Studio untuk desain aplikasi server. Dan untuk sistem catu daya menggunakan Charging Controller TP4056 dan DC-DC Step Up XL6009. Pengujian untuk ketinggian gelombang menggunakan simulator dengan simpangan maksimal sebesar 0.55 m. Sehingga dari data pengujian dapat diketahui error alat ukur sebesar 3.6% untuk pengukuran ketinggian, 11.9% untuk error pengukuran temperature udara dengan membandingkan hasil pengukuran dengan nilai temperatur udara yang dilihat dari smartphone, dan 1.6% untuk error dari hasil pengukuran tegangan baterai dengan membandingkan dengan nilai tegangan hasil pengukuran dari avometer digital. ================================================================================================================ Changes in sea level is a very dynamic movement. The change is influenced by the sea waves caused by the movement of the wind and tidal activity caused by the gravitational force of the moon and the sun. The movement of sea water is very close to the community in various fields such as geology, biology, transportation, and energy. To get the benefits of seawater movements data is needed for further analysis. Data obtained from a measuring instrument placed directly on the sea surface (in-situ). But measuring devices on the market are very expensive and inflexible. Therefore, the purpose of this study is to design sea level height measuring devices that have economic value and are flexible in use. The method used is to use changes in atmospheric pressure to measure altitude. In addition to using a barometer sensor, this gauge is also equipped with an air and water temperature sensor. The design of this measuring instrument is divided into several systems namely sensing systems, communication systems, and power supply systems. Some components in the sensing system are GY86, GPS Neo 6MV2, DS18B20 Water Sensor, and INA219 Power Sensor. The communication component uses two NRF24L01 radio modules and Visual Studio application for server application design. And for the power supply system using the TP4056 Charging Controller and DC-DC Step Up XL6009. Test for wave height using a simulator with a maximum deviation of 0.55 m. So that the test data can be known error measuring instrument of 3.6% for height measurements, 11.9% for measurement errors in air temperature by comparing the measurement results with air temperature values seen from a smartphone, and 1.6% for errors from measuring battery voltage by comparing with values voltage measurements from a digital Avometer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ketinggian Air Laut, GY 86, MS5611 Sealevel, GY 86, MS5611
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC424 Water levels
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhan Dennis Chaniago
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:35
Last Modified: 24 Aug 2020 03:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80221

Actions (login required)

View Item View Item