ANALISA PENGARUH PISTON MODIFIKASI TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL SATU SILINDER EMPAT LANGKAH BERBASIS SIMULASI MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR B30

Leksono, Viorel Herniza (2020) ANALISA PENGARUH PISTON MODIFIKASI TERHADAP PERFORMA MESIN DIESEL SATU SILINDER EMPAT LANGKAH BERBASIS SIMULASI MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR B30. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211640000118-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211640000118-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Piston merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menggerakan seluruh mekanisme yang ada dalam proses pembakaran mesin diesel. Untuk meningkatkan kinerja mesin diesel dapat dilakukan dengan cara memperluas ruang bakar. Salah satu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan desain piston yang optimal dengan melakukan modifikasi terhadap piston crown menjadi cekung dan cembung. Pada penelitian ini, akan menganalisa perbandingan performa mesin diesel menggunakan piston standar mesin Yanmar TF85MH dengan piston TCC modifikasi dengan melakukan beberapa variasi ukuran terhadap diameter kedalaman piston crown dengan penambahan dan pengurangan sebesar +1 dan -1 dari diameter kedalaman normal (dalam mm). Metode yang digunakan adalah simulasi menggunakan software. Dari hasil pengujian performa yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa piston modifikasi TCC +1 menggunakan bahan bakar HSD menghasilkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Piston TCC, Performa, Mesin Diesel, TCC Piston, Performance, Diesel Engine
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Viorel Herniza Leksono
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:23
Last Modified: 24 Nov 2023 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80222

Actions (login required)

View Item View Item