Desain Kapal Penyuplai Listrik Menggunakan PowerBank Untuk Distrik Mimika Barat Jauh - Papua.

Nasrullah, Nasrullah (2020) Desain Kapal Penyuplai Listrik Menggunakan PowerBank Untuk Distrik Mimika Barat Jauh - Papua. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111540000045_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Program 35.000 MW listrik merupakan proyek pemerintah untuk menciptakan kemandirian energi dengan memanfaatkan secara optimal potensi-potensi energi baru dan terbarukan. Hingga saat ini, di Indonesia terdapat 12.659 desa tertinggal yang belum memperoleh akses listrik dari jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Wilayah Indonesia bagian timur khususnya Papua mempunyai permasalahan berupa tingkat elektrifikasi yang rendah. Banyak faktor yang mempengaruhi, termasuk faktor geografis Papua yang sangat sulit dijangkau. Seperti wilayah Mimika Barat Jauh yang tidak terdapat akses darat sama sekali. Untuk memenuhi pasokan listrik, Indonesia perlu mempunyai transportasi perairan yang dapat memasok listrik untuk wilayah tersebut. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan kapal baru, yaitu dengan cara pembuatan Desain Kapal Penyuplai Listrik yang sesuai dengan keadaan geografis dan perekonomian masyarakat untuk kebutuhan wilayah tersebut. Hasil yang diharapkan dari pembuatan model ini adalah untuk digunakan dalam kegiatan menyuplai listrik pada daerah yang sulit atau sama sekali tidak terjangkau akses darat. Sehingga, dapat membantu meningkat elektrifitas di daerah tersebut. Proses desain kapal dimulai dari studi literatur dan penentuan daya listrik yang dibutuhkan menggunakan data yang diperoleh dari kondisi di lapangan. Data- data yang diperoleh, selanjutnya di proses untuk menghasilkan suatu nilai daya listrik yang dibutuhkan, maka didapatkan daya sebesar 5962 KW. Dilanjutkan dengan pemilihan powerbank berdasarkan besar daya dan jumlah yang efisien untuk dimuat pada kapal, sehingga daya yang dibutuhkan dapat ditunjang dengan powerbank sebanyak 18 buah dengan daya 400Kva. Ukuran utama awal kapal SPCB ditentukan dengan penyesuain peletakan atau penataan power bank pada geladak kapal, penentuan panjang minimal forecastle, poop, dan superstructure. Setelah itu dilakukan perhitungan teknis berupa perhitungan berat , displacement, trim, freeboard, dan stabilitas. Ukuran utama yang didapatkan adalah Lpp = 39.00 m, B = 7.50 m, H = 3.50 m, dan T = 1.70 m. Dari data tersebut kemudian dibuat Lines Plan, General Arrangement dan model 3D. Kemudian dilakukan analisis ekonomis yang meliputi perhitungan biaya pembangunan (investasi), biaya operasional, serta analisa kelayakan investasi. ================================================================================================================== The 35,000 MW electricity program is a government project to create energy independence by using a renewable energy optimally. Until now, there are 12,659 underdeveloped villages in indonesia that do not yet have access to electricity from the State Electricity Company (PLN) network. The eastern part of Indonesia, especially Papua, has low electrification rates. There are so many factors that make this condition happen, including the geographical factors of Papua which difficult to reach. For example West Mikika which has no land access at all. To meet electricity supply, Indonesia needs to have water transportation that can supply electricity to the region. Therefore it is necessary to develop new ships by making Electric Supply Ship Design in accordance with the geographical and economic conditions of the community for the needs of the region. The expected outcome of making this model is to be used in electricity supply activities in areas that are difficult or have no access to land at all. So that, can help increase electrification in the area. The ship design process starts from the study of literature and the determination of the electrical power needed using data obtained from conditions in the field. The data obtained are then processed to produce the required electrical power value, then a power of 5962 KW is obtained. Followed by the selection of powerbank based on the amount of power and the amount that is efficient to be loaded on the ship, so that the power needed can be supported by as many as 18 powerbanks with 400Kva power. The initial main size of the SPCB vessel is determined by adjusting the laying or structuring of the power bank on the deck of the ship, determining the minimum length of the forecastle, poop, and superstructure. After that a technical calculation is carried out in the form of weight, displacement, trim, freeboard, and stability. The main measurements obtained were Lpp = 39.00 m, B = 7.50 m, H = 3.50 m, and T = 1.70 m. From this data, Lines Plans, General Arrangements and 3D models are made. Then an economic analysis is carried out which includes the calculation of development costs (investment), operational costs, and investment feasibility analysis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Propelled Container Barge (SPCB), Power bank, Timika, Mimika Barat Jauh, Self Propelled Container Barge (SPCB), Power bank, Timika, Far West Mimika
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: . Nasrullah
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:38
Last Modified: 08 Sep 2020 09:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80241

Actions (login required)

View Item View Item