Dwiyanti, Ririn (2020) Pemodelan Dan Analisa Dinamika Pada Transmisi Mobil Listrik : Studi Kasus Mobil Listrik Calya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02111640000027-Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan bahwa angka produksi dan penjualan mobil mengalami kenaikan setiap tahunnya. Penggunaan mobil konvensional atau internal combustion engine tentunya menimbulkan berbagai dampak seperti kenaikan konsumsi bahan bakar dan adanya dampak emisi gas buang yang berpotensi menimbulkan polusi udara. Salah satu upaya untuk mengatasi dampak penggunaan mobil konvensional yaitu mulai dikembangkannya mobil listrik. Mobil listrik sendiri memiliki berbagai kelebihan yaitu memiliki efisiensi tiga hingga lima kali lipat lebih hemat energi dibandingkan mobil konvensional, selain itu tidak menghasilkan suara sehingga dianggap dapat mengurangi polusi suara.
Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan analisa kinerja transmisi dari mobil listrik untuk mengetahui karakteristik dinamis dari Toyota Calya. Kendaraan dirancang menggunakan motor listrik tipe BLDC 35 kW dengan transmisi gearbox single speed yang langsung dihubungkan dengan diferensial. Selain itu perlu diperhatikan gaya hambat dari kendaraan seperti gaya hambat angin, rolling resistance, dan gaya hambat tanjakan. Analisa dilakukan dengan mensimulasikan kendaraan menggunakan Software Matlab Simulink. Analisa
dilakukan menggunakan variasi rasio roda gigi yang didapatkan dari perhitungan sebesar 1.95, 2.06, dan 2.18 dengan rasio diferensial sebesar 4.84. Setelah didapatkan nilai rasio roda gigi yang tepat untuk kendaraan, dilakukan variasi input torsi motor listrik sebesar 80 Nm, 100 Nm, 120 Nm, dan 140 Nm. Dari masing-masing torsi dilakukan simulasi kembali pada profil jalan datar, tanjakan, dan turunan.
Dari penelitian ini diperoleh nilai rasio roda gigi yang tepat untuk mobil listrik Calya sebesar ig = 1.95 dan rasio diferensial sebesar id = 4.84. Setelah dilakukan simulasi nilai perpindahan, kecepatan, percepatan, dan torsi output pada kendaraan yang melewati profil jalan yang sama akan meningkat seiring dengan bertambahnya input torsi motor listrik. Sedangkan dengan besar input torsi yang sama nilai perpindahan, kecepatan, dan percepatan paling besar dihasilkan ketika melewati jalan turunan dan nilai paling kecil saat melewati jalan tanjakan. Besar input torsi yang sesuai untuk mobil listrik Calya adalah 140 Nm dengan efisiensi sebesar 81.84 %.
========================================================================================================
Based on data from the Indonesian Motor Vehicle Industry Association , shows that car production and sales have increased every year. The usage of the conventional cars or internal combustion engines, has a lot of various impacts such as the increasing number of fuel consumption and the impact of the gas emissions that have the potential to cause air pollution. One of the efforts to overcome the impact of conventional car usage is starting to develop electric cars. The electric car itself has various advantages, such as having three to five times more energy efficiency than the conventional car. Also, it does not produce sound so it is considered to reduce noise pollution.
In this final project, research conducted modeling and analysis of the performance transmission of an electric car to determine the dynamic characteristics of the Toyota Calya. The vehicle is designed to use a 35 kW BLDC type electric motor with single speed transmission gearbox directly linked to the differential. Besides, it is necessary to pay attention to the drag force of the vehicle such as wind drag, rolling resistance, and upward drag. The analysis is done by simulating vehicles using the Matlab Simulink Software. The analysis was carried out using variations of the gear ratios obtained from the calculations are 1.95, 2.06, and 2.18 with a differential ratio of 4.84. After getting the correct gear ratio value for vehicles, variations in the input of
electric motor torque are 80 Nm, 100 Nm, 120 Nm, and 140 Nm. From each torque, it is simulated back on the road profile flat, incline and derivative.
From the research, it is found that the correct gear ratio value for the Calya electric car is ig = 1.95 and the differential ratio is id = 4.84. After the value simulation is carried out displacement, speed, acceleration, and output torque in vehicles passing through the profile the same path will increase as the input torque of the electric motor increases. Meanwhile, with the same input torque, the displacement value, speed, and the greatest acceleration is generated when passing the derivative path and the smallest value when passing the incline. The most suitable torque input for the Calya electric car is 140 Nm with an efficiency of 81.84%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | electric vehicle dynamics, e-drivetrain, vehicle dynamics modeling, dinamika mobil listrik, e-drivetrain, pemodelan dinamika kendaraan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ririn Dwiyanti |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 02:36 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 07:15 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80582 |
Actions (login required)
View Item |