Rekomendasi Solusi Untuk Mengatasi Kelongsoran Pada Lereng Jalan Akses PLTA Musi (KM 5 Dan KM 8) Dengan Pendekatan Cracked Soil

Tarigan, Brena Audra Clarina (2020) Rekomendasi Solusi Untuk Mengatasi Kelongsoran Pada Lereng Jalan Akses PLTA Musi (KM 5 Dan KM 8) Dengan Pendekatan Cracked Soil. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111640000072_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03111640000072_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PLTA Musi Bengkulu merupakan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Sumatera. Namun, lereng tepi jalan akses menuju lokasi tersebut mengalami kelongsoran ketika hujan yang sangat lebat melanda Kota Bengkulu pada tahun 2017, sedangkan jalan ini berperan penting untuk menunjang aspek transportasi dan ekonomi masyarakat Bengkulu. Untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah daerah telah melakukan perbaikan drainase. Akan tetapi longsor terjadi kembali ketika hujan deras melanda Bengkulu pada tahun 2019. Oleh karena itu, perbaikan drainase tidak cukup untuk menjadi solusi dalam penyelesaian masalah ini karena gagalnya saluran drainase bukan merupakan satu-satunya penyebab kelongsoran.
Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan perencanaan perkuatan lereng untuk mencegah terjadinya kelongsoran di masa yang akan datang. Dalam Tugas Akhir ini, beberapa alternatif perkuatan lereng yang ditawarkan, antara lain seperti subdrain dan soil reinforcement, bored pile, serta ground anchor. Perencanaan ini akan dilakukan pada dua lokasi, yaitu KM 5 dan KM 8, yang dapat dianggap sebagai acuan dalam penyelesaian kelongsoran di lokasi lainnya. Perencanaan untuk perbaikan lereng jalan yang longsor dilakukan berdasarkan pendekatan cracked soil, dimana tanah diasumsikan bersifat behaving like sand.
Dari beberapa alternatif perkuatan yang ada, maka rekomendasi solusi untuk mengatasi kelongsoran pada lokasi KM 5 adalah pemasangan subdrain dan geotextile praktis sebayak 21 lapis dengan panjang masing-masing 2 meter. Hasil perencanaan ini membutuhkan biaya Rp 1.380.592.037. Sedangkan untuk lereng KM 8 digunakan ground anchor sebanyak 2 buah dengan kapasitas sebesar 256.67 kN. Biaya yang diperlukan adalah Rp 39.577.185.
=====================================================
Musi Hydropower Plant in Bengkulu is the largest hydroelectric power station in Sumatra. However, there were several landslides on the slope of the access road leading to the location when heavy rains hit Bengkulu in 2017, while this road played an important role to support the transportation and economic aspects of the society. To solve this problem, the local government has repaired the drainage system. However, landslides occured again when heavy rains hit Bengkulu in 2019. Therefore, drainage repairment is not enough to be the solution in solving this problem because the failure of the drainage channel is not the only cause of landslides.
From these problems, it is necessary to plan the slope reinforcement to prevent the possibility of landslides in the future. In this Final Project, several alternative of slope reinforcement are offered, such as subdrain and soil reinforcement (geotextile), bored pile, and ground anchor. This planning will be applied on two locations, such as KM 5 and KM 8, which can be considered as a reference to solve landslides in other locations. The planning of slope reinforcement is based on the cracked soil approach, where the soil is assumed to be behaving like sand.
From the several alternative reinforcement available, the solution to remedy landslide in KM 5 is by using subdrain and 21 layers of geotextile. This alternative will cost Rp 1.380.592.037. As for the slopes of KM 8, 2 ground anchors are used with the capacity of 256.67 kN each. This alternative will cost Rp 39.577.185.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bored pile, cracked soil approach, ground anchor, lereng, soil reinforcement, subdrain, slope.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Brena Audra Clarina Tarigan
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:38
Last Modified: 04 Jun 2023 14:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/80656

Actions (login required)

View Item View Item