Haq, Achmad Mirza Nurul (2020) Modifikasi Perencanaan Jembatan Overpass Jalan Tol Pasuruan Probolinggo (PASPRO) STA 29+325 Menggunakan Tipe Half Through Arch Bridge. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
03111540000095-Undergraduated_Thesis.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Sejumlah titik pembangunan jalan tol saat ini masih dalam proses pembangunan, salah satunya pada ruas Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Pada ruas jalan tol Pasro terdapat jembatan viaduk tipe beton prategang di titik STA 29+325 Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Model konstruksi jembatan dengan panjang 144 meter ini menggunakan tipe jembatan beton prategang dengan 5 segmen serta 4 pilar. Penggunaan 4 pilar untuk jembatan viaduk termasuk memakan banyak lahan di bawahnya, dimana lahan tersebut dapat digunakan untuk perluasan jalan raya utama Probolinggo-Lumajang serta pembangunan double track rel kereta api Surabaya-Banyuwangi. Hal ini yang melatarbelakangi untuk memodifikasi jembatan overpass tersebut supaya tidak menggunakan pilar di bawahnya.
Tugas akhir ini memodifikasi Jembatan Overpass Paspro menjadi tipe pelengkung dengan bentang 144 meter, tinggi 25 meter, dan lebar 27,2 meter. Adapun pedoman yang digunakan dalam perencanaan adalah SNI 1725:2016 tentang pembebanan jembatan, SNI 1729:2015 tentang spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural, SNI 2847:2013 tentang persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung, serta SNI 2833:2018 tentang perencanaan ketahanan bangunan terhadap gempa. Permodelan struktur jembatan menggunakan program bantu Midas Civil untuk dianalisa kekuatan profil struktur jembatan yang digunakan.
Dari hasil perencanaan didapat profil struktur busur utama yaitu menggunakan profil BOX 2500×1500×35×50 dan batang Tarik menggunakan profil BOX 2000×1200×30×40, diameter kabel 85 mm, untuk perletakan menggunakan Pot Bearing. Pondasi yang digunakan berupa abutment di kedua sisi jembatan.
===================================================================================
A number of highway constructions are currently still in the progress, one of them is on Pasuruan-Probolinggo (Paspro) highway. There is a prestressed concrete viaduct in STA 29+325 Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. The 144 meters long bridge construction using 5 segmens prestressed concrete and 4 pillars. The 4 pillars are used in viaduct need many space that actually can be used to expand Probolinggo-Lumajang main highway and also can be used to construct Surabaya-Banyuwangi train double tracks. Those are the backgrounds for modifying overpass Bridge, so the construction no need pillars any more.
This final project is modifying Paspro Overpass Bridge using half through arch type that has 144 meters long, 25 meters height and 27,2 meters wide. The guidance in this planning is SNI 1725:2016 about bridge loading, SNI 1729:2015 about structural steel buildings specifications, SNI 2847:2013 about structural concrete buildings requirements, and SNI 2833:2018 about earthquake resistance building planning. Bridge structure modelling using Midas Civil to analyze bridge structure profile strength.
The planning results are for the main arch structure using BOX 2500×1500×35×50 profile, pull rod using BOX 2000×1200×30×40 profile and 85 mm diameter cable, for bearing using Pot Bearing. Foundation that used in this planning is abutment in both sides of the bridge.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan Busur Box Baja, Half Through Arch |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Achmad Mirza Nurul Haq |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 05:16 |
Last Modified: | 24 Dec 2023 15:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/80804 |
Actions (login required)
View Item |