Studi Percobaan Pengaruh Proses Pengelasan Replating Lambung Kapal Di Atas Permukaan Air Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro

Djumiati, Andri (2020) Studi Percobaan Pengaruh Proses Pengelasan Replating Lambung Kapal Di Atas Permukaan Air Terhadap Sifat Mekanis Dan Struktur Mikro. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111850030001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Replating kapal merupakan suatu hal penting dalam hal perbaikan kapal. Replating dapat dilakukan kondisi docking, serta dapat juga dilakukan kondisi terapung. Laju pendinginan proses pengelasan kondisi terapung berbeda dengan laju pendinginan pada pengelasan kondisi docking, sehingga hal tersebut mempengaruhi sifat mekanis dari material. Penelitian ini menggunakan metode berbasis pengujian terhadap material yaitu dengan uji tarik, uji kekerasan, uji impak, dan micro etsa. Terdapat empat variasi jarak garis air dan garis kampuh las, dan empat variasi temperatur air pada pengelasan di atas garis air, yang nantinya akan dibandingkan hasilnya dengan pengelasan kondisi di darat. Berdasarkan hasil pengujian, terjadi penurunan nilai kekuatan dan nilai kekerasan, serta peningkatan nilai energi absorb pada setiap kenaikan variasi jarak garis air dan garis kampuh las serta variasi temperatur air. Hasil foto mikro menunjukkan bahwa fasa yang terbentuk pada pengelasan darat maupun pengelasan di atas garis air adalah fasa ferrite dan pearlite, dengan ukuran butiran yang terkecil sampai terbesar adalah pada weld metal, fusion line, HAZ, dan base metal. Pengelasan di atas garis air yang paling optimal untuk diaplikasikan berdasarkan penelitian ini adalah pada interaksi variasi jarak garis air dengan garis las sebesar 130 mm, dengan temperatur air 32˚C ====================================================================================================================== Ship replating is ones of important things in process of ship maintenance. Ship replating can be done while docking, and floating. The cooling rate of welding process gave different effect on mechanical properties of the material when floating and docking welding process. This research uses methods based on testing materials with tensile test, hardness test, impact test, and micro etching. There are four variations in waterline distances to weld lines, and four variations of water temperature in the floating welding, which the result will later be compared to on dock welding. Based on the results of the test, there is a decrease in strength value and hardness value, as well as increased energy absorb value at each increment variation of waterline distance to weld line and water temperature variation. The results of micro etching show that the phase formed on dock welding and floating welding are ferrite and pearlite phases, with the smallest grain size to the largest is weld metal, fusion line, HAZ, and base metal. The most optimal floating welding to be applied based on this research is the interaction of waterline distances to weld lines of 130 mm, with a water temperature of 32˚C.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Replating, terapung, laju pendinginan, sifat mekanis, struktur mikro,Replating, floating, cooling rate, mechanical properties, microstructure.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Andri Djumiati
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:33
Last Modified: 25 Aug 2020 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81131

Actions (login required)

View Item View Item