Desain Perhiasan Ekspresif yang Dapat Dikustomisasi untuk Generasi Z

Kusuma, Natasha Lynn (2020) Desain Perhiasan Ekspresif yang Dapat Dikustomisasi untuk Generasi Z. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000058-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311640000058-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Kustomisasi diperkirakan menjadi tren besar dalam masa mendatang. Hal ini dikarenakan adanya Generasi Z sebagai calon konsumen dalam ranah industri, termasuk industri perhiasan. Generasi Z sangat menghargai individualitas, mereka menginginkan perhiasan yang dapat menyesuaikan dengan gaya masing-masing individu sebagai bentuk dari ekspresi diri. Namun saat ini, selain Generasi Z memiliki ketertarikan dan daya beli yang relatif rendah, industri perhiasan pun tampaknya mengalami kesulitan dalam menyesuaikan tren terhadap perubahan nuansa generasi. Berpijak dari hal tersebut menggugah ketertarikan penulis untuk merancang produk perhiasan yang atraktif dan dapat dikustomisasi dengan tujuan untuk menumbuhkan ketertarikan generasi Z terhadap industri perhiasan. Selain itu, rancangan produk perhiasan juga bertujuan untuk dapat menjangkau daya beli Generasi Z, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.
Perancangan perhiasan ini dilakukan dengan dua metode, yaitu pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui penggunaan metode tinjauan literatur; in-depth interview; segmenting, targeting, dan positioning; muse; persona; mood board; image board; simulasi model 3 dimensi; dan user diary. Data kuantitatif diperoleh melalui metode kuesioner. Berdasarkan analisis dari kedua metode tersebut terciptalah perhiasan dengan konsep “Break Free”.
Konsep seri “Break Free” ini memiliki makna kebebasan yang terinspirasi dari karakteristik Generasi Z. Makna tersebut disampaikan melalui bentuk-bentuk yang terdapat pada desain final produk. Desain final produk terdiri dari perhiasan yang dapat dikustomisasi dan nonkustom. Perhiasan yang dapat dikustomisasi berupa beberapa komponen yang dapat dirangkai menjadi anting-anting, kalung, dan gelang. Sedangkan perhiasan nonkustom meliputi anting-anting statement, anting-anting petite, dan cincin.
Perancangan ini diharapkan memberikan tinjauan solusi terhadap tren perhiasan bagi Generasi Z dan menumbuhkan minat mereka untuk lebih mengapresiasi industri perhiasan. Lebih lanjut penulis berharap adanya pengembangan produk-produk desain perhiasan yang lain yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan bagi Generasi Z untuk dapat mengekspresikan diri dengan harga terjangkau.
======================================================================================================
Customization is expected to be a major trend in the future, as Generation Z is the future consumer in all industries, including jewelry industry. Generation Z highly appreciates individuality, they want a jewelry that is adaptable to their respective styles as a form of self-expression. However, right now, Generation Z still has a relatively low interest and low purchase power on jewelry. On the other hand, the jewelry industry has difficulties in adapting with the shifting generation. Therefore, a jewelry that can be customized as a form of self-expression for Generation Z is designed. The aim of this design is to increase Generation Z’s interest on jewelry product and for them to be able to express themselves as well as giving solution for them to acquire it.
The research of this design is conducted by using qualitative and quantitative methods. Qualitative data is obtained from literature reviews; in-depth interview; segmenting, targeting, and positioning; muse; persona; mood board; image board; 3-dimensional model simulation; and user diary. Whilst quantitative data is obtained from questionnaire method. By analyzing those collection of data and information as well as simulation made, thus the creation of “Break Free” concept comes up.
The “Break Free” concept has the meaning of freedom, inspired by the characteristics of Generation Z. The meaning is conveyed through forms found in the final design. The final design of product consists of customizable jewelry and non-customizable jewelry. The customizable jewelry is a handful components that can be assembled into earrings, necklaces, and bracelets. While the non-customizable jewelry includes statement earrings, petite earrings, and rings. With this design, Generation Z is expected to be able to express themselves freely in affordable price and hopefully it can create awareness and appreciation to the jewelry industry as well.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customization; Generation Z; Jewelry; Self-expression; Ekspresi diri; Generasi Z; Kustomisasi; Perhiasan
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Natasha Lynn Kusuma
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:49
Last Modified: 27 Dec 2023 13:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81316

Actions (login required)

View Item View Item