Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pada Pekerjaan Pembangunan Fly Over Tol Cibitung - Cilincing STA 0+594 - 2+037

Guntara, Chrisna Anam (2020) Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan Pada Pekerjaan Pembangunan Fly Over Tol Cibitung - Cilincing STA 0+594 - 2+037. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111610013015-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111610013015-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (56MB) | Preview

Abstract

Proyek Tol Cibitung – Cilincing merupakan salah satu
bagian dari pembangunan Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2)
yang terdiri dari 4 seksi dengan panjang total 34,384 km. Proyek
pembangunan Tol Cibitung – Cilincing melewati kontur tanah
yang beragam. Jalan tol ini di bangun di atas tanah keras, tanah
lunak, dan rawa. Sehingga proyek ini menggunakan tigas jenis
konstruksi sekaligus, yaitu tanah timbun (at grade), melayang
(elevated), dan tiang pancang (pile slab). Metode pekerjaan tiap
jenis konstruksi berbeda sesuai dengan jenis pekerjaan masingmasing. Salah satu bangunan melayang adalah fly over yang di
bangun di atas Jalan Akses Tol, Gandasari, Kecamatan Cikarang
Barat, Bekasi. Fly over ini menjadi jalan utama jalan tol ini, yang
bersinggungan langsung dengan jalan Tol Jakarta – Cikampek.
Fly over ini memiliki panjang 1,5 kilometer yang dimulai dari
abutment 1 di STA 0+594 sampai dengan abutment 2 di STA
2+037 dengan lebar 32 meter dan ketinggian ±7 meter dari
permukaan tanah yang terdiri dari 3 lajur dengan 2 jalur.
Tugas Akhir Terapan ini membahas mengenai perkiraan
biaya dan waktu yang diperlukan untuk menyesaikan pekerjaan
pembangunan Fly Over (elevated) pada tol Cibitung – Cilincing.
Proses manajemen ini mengelola suatu kegiatan yang berskala
besar, dengan memanfaatkan tenaga kerja, peralatan, material,
metode serta biaya yang diperlukan selama proses manajemen
berlangsung dalam durasi waktu tertentu. Analisa yang dilakukan dalam pembahasan ini yaitu menghitung volume pada setiap jenis
pekerjaan, menghitung produktifitas alat, serta kebutuhan tenaga
kerja dan bahan yang diperlukan.
Produk dari analisa tersebut yaitu durasi pada setiap
pekerjaan, rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek. Pada
Pembangunan fly over pada tol Cibitung – Cilincing ini diperoleh
durasi pelaksanaan proyek 10 hari pekerjaan persiapan, 440 hari
pada pekerjaan zona 1 dan 400 hari pada pekerjaan zona 2,
dengan jam kerja efektif perhari 7 jam dan biaya Rp.
557.558.125.814. Pelaksanaan harus dikendalikan sebaik
mungkin termasuk dalam penjadwalan sumber daya agar tidak
menimbulkan pembengkakan biaya dan keterlambatan proyek
(lintasan kritis) tanpa mengabaikan kualitas dan kuantitas sumber
daya.
Kata Kunci : Fly Over, biaya, waktu, sumber daya,
manajemen.
====================================================================================================================
The Cibitung - Cilincing Toll Road Project is one part of
the construction of the Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2)
which consists of 4 sections with a total length of 34.384 km. The
Cibitung - Cilincing Toll Road construction project crosses
various land contours. This toll road is built on hard, soft and
swampy land. So this project uses three types of construction at
once, namely soil pile (at grade), floated (elevated), and piles
(pile slabs). The method of work for each type of construction is
different according to the type of work each. One of the floating
buildings is a fly over built on the Toll Road Access, Gandasari,
West Cikarang District, Bekasi. This fly over becomes the main
road of this toll road, which directly intersects with the Jakarta -
Cikampek Toll Road. This fly over has a length of 1.5 kilometers
starting from abutment 1 at STA 0 + 594 to abutment 2 at STA 2
+ 037 with a width of 32 meters and a height of ± 7 meters from
the ground surface consisting of 3 lanes with 2 lanes.
This Final Final Project discusses the estimated cost and
time needed to complete the Fly Over (elevated) construction
work on the Cibitung - Cilincing toll road. This management
process manages a large-scale activity, utilizing manpower,
equipment, materials, methods and costs needed during the
management process takes place within a certain time duration.
The analysis carried out in this discussion is calculating the
volume of each type of work, calculating the productivity of
tools, as well as the need for labor and materials needed.
The product of this analysis is the duration of each work,
the planned project implementation cost budget. In the
construction of the fly over on the Cibitung - Cilincing toll road,
the project implementation duration is 10 days for preparatory
work, 440 days for zone 1 work and 400 days for zone 2 work,
with 7 hours of effective work hours per day and a cost of Rp.557.558.125.814. Implementation must be controlled as best as
possible including resource scheduling so as not to cause cost
overruns and project delays (critical trajectory) without neglecting
the quality and quantity of resources.
Keywords: Fly Over, cost, time, resources, management.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fly Over, biaya, waktu, sumber daya, manajemen Fly Over, cost, time, resources, management
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Chrisna Anam Guntara
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:26
Last Modified: 06 Nov 2023 06:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81409

Actions (login required)

View Item View Item