Pemanfaatan limbah plastik low-density polyethilene (ldpe) dan isobuthylene – isoprene rubber (karet ban dalam) pada campuran hot rolled sheet – wearing course (hrs – wc) sebagai pengembangan inovasi green environment material

Al wafi, Moch. Dikrimasro Ramadhan (2020) Pemanfaatan limbah plastik low-density polyethilene (ldpe) dan isobuthylene – isoprene rubber (karet ban dalam) pada campuran hot rolled sheet – wearing course (hrs – wc) sebagai pengembangan inovasi green environment material. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111610013025-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
10111610013025-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam mengatasi permasalahan pembangunan jalan
banyak penelitian dan inovasi-inovasi baru ditemukan
terutama pada campuran aspal,sehingga campuran aspal
modifikasi dengan bahan tambahan yaitu plastik LDPE dan
Isobuthylene – Isoprene Rubber (IIR/karet ban dalam) diteliti
untuk inovasi lebih lanjut. Hal ini juga bertujuan untuk
mengurangi limbah plastik dan karet sehingga dapat
mengurangi pencemaran lingkungan . Lalu penelitian ini
diharapkan dapat mengurangi bahan baku aspal yang semakin
mahal
Didalam peneletian aspal modifikasi LDPE dan IIR
ini, menggunakan syarat-syarat yang berlaku dalam Peraturan
v
Umum Bina Marga 2018 untuk setiap bahan yang digunakan.
Lalu pengujian yang dilakukan sesuai dengan standar
pengujian aspal yaitu tes Marshall. Didalam pencampuran
aspal dengan LDPE dan IIR digunakan metode basah, yaitu
dengan cara mencampurkan zat tambahan saat pemanasan
bitumen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
campuran aspal HRS-WC dengan kadar aspal optimum
sebesar 7,2% yang mengandung IIR dan LDPE sebesar 2%
dengan perbandingan 1:1 menunukan performa yang
memenuhi sebagian besar spesifikasi menurut Peraturan
Umum Bina Marga 2018 tabel 6.3.3. Pada campuran ini tidak
memenuhi nilai VIM dengan jumlah volume 6,23% melebihi
nilai VIM dari parameter spesifikasi sebesar 6%. Dan
berdasarkan hasil pengujian karakterisitik aspal modifikasi
menghasilkan karakter aspal yang tahan terhadap suhu
lingkungan yang tinggi namun menurunkan nilai penetrasi
asap modifikasi. Sehingga aspal yang dimodifikasi ini memiliki
sifat yang getas apabila diterapkan di lingkungan dengan suhu
rendah berdasarkan suhu pengujian penetrasi sebesar ≥250C.
Pada penelitian ini juga diperhitungkan terkait perbandingan
harga material dimana penambahan zat aditif 10% dapat
mengurangi harga material sebesar 4,89%.

======================================================
======================================================
To carry on the problem of road construction which is
use asphalt binder many inovation and researches has did,so
the research that uses asphalt modification by low density
polyethilene (LDPE) and isobuthylene-isoprene rubber (IIR) to
know what the effect. In that case to handle environment
problem and expensetivity material of asphalt.
In this research of aspjhalt modification by LDPE and
IIR, was followed the spesification of “Peraturan Umum Bina
Marga 2018”. And Marshall test used to be standart of
parameter test. To mixed the additive material was used wet
methode, which is mixed the additive when heating the
bitument.
As the result shows that asphalt binder HRS-WC with
optimum asphalt content 7,2% with contained 2% additive
material is satisfiyed the spesification of “Peraturan Umum
Bina Marga 2018” tabel 6.3.3. But in this percentage is not
satisfy of VIM value whice have 6,23% VIM value, so that
contained VIM value more than spesification which is 6%. And
from the perfomed of characteristic bitument is shows that this
bitumen modification is resistance with high temperature. With
the result that the asphalt modified has a brittle if it is uses at
the places which have temperature lower than 250C. In this
research has calculate about ratio of materials price which is
that added 10% additive can reduce the materials price value
by 4,89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penelitian, Aspal Modifikasi, durabilitas dan Stabilitas Aspal ======== Research, Asphalt modification, Durability and stability of asphalt
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Moch. Dikrimasro Ramadhan Alwafi
Date Deposited: 07 Sep 2020 22:45
Last Modified: 04 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81442

Actions (login required)

View Item View Item