Desain Mainan Papan Keseimbangan (Balance Board) Untuk Stimulasi Gerak Motorik Kasar Dan Interaksi Sosial Di Pendidikan Dasar Setingkat Taman Kanak-Kanak

Pangestu, Yoni Prayoga Dwi (2020) Desain Mainan Papan Keseimbangan (Balance Board) Untuk Stimulasi Gerak Motorik Kasar Dan Interaksi Sosial Di Pendidikan Dasar Setingkat Taman Kanak-Kanak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000039-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000039-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Mainan papan keseimbangan adalah salah satu permainan yang dapat dijadikan media pengembangan keterampilan motorik kasar dan interaksi sosial di pendidikan setingkat taman kanak-kanak (TK). Namun, mainan tersebut diketahui memiliki beberapa kekurangan ketika diuji coba pada anak TK. Kekurangannya terutama terletak pada tidak adanya pegangan tangan sehingga beberapa anak takut dan ada yang hampir terjatuh ketika bermain. Sementara itu, ditinjau dari segi pemasaran, mainan papan keseimbangan lebih banyak masih harus diimpor dari luar negeri ke Indonesia. Hal tersebut membuat harganya menjadi lebih tinggi dari harga jual awal di negara asal produksinya. Dari permasalahan itu, penulis mencoba berinovasi dengan penambahan fitur handlebar dan mode bermain yang dapat diproduksi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dari hasil perancangan ini pada akhirnya dapat menghasilkan mainan keseimbangan yang dapat diproduksi UMKM dengan biaya yang terjangkau untuk membantu pengembangan keterampilan motorik kasar dan interaksi sosial anak TK.
==================================================================================
Balance board toys are one of the games that can be used as a medium for the development of gross motor skills and social interaction in kindergarten education. However, these toys are known to have some shortcomings when tested on kindergarten children. The disadvantage mainly lies in the absence of handrails so that some children are scared and some are almost falling when playing. As for marketing, more balance board toys still have to be imported from abroad to Indonesia. This makes the price higher than the initial selling price in the country of origin of its production. From these problems, the author tries to innovate by adding handlebar features and play modes that can be produced by Micro, Small and Medium Industries (UMKM) in Indonesia. The results of this design can eventually produce a balance toy that can be produced by UMKM at an affordable cost to help develop gross motor skills and kindergarten children's social interaction.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kindergarten children, toys, gross motoric skills, social interaction, anak TK, mainan, motorik kasar, interaksi sosial
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yoni Prayoga Dwi Pangestu
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:47
Last Modified: 08 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/81477

Actions (login required)

View Item View Item